• BPK Jayapura

    Berawal dari kerinduan hati sekelompok orang yang ingin mendalami iman Katolik, maka tercetuslah ide untuk melakukan aktivitas rohani bersama setiap minggunya secara rutin. Pada waktu itu di tahun 1999, salah seorang teman pemilik Hotel Yasmin di Jayapura bermurah hati menyediakan ruangan sebagai tepat berkumpul. Pertemuan itu dihadiri kira-kira 15-20 orang dan diisi dengan doa bersama, puji-pujian, serta sharing kitab suci.

    Kegiatan ini lama kelamaan terdengar oleh Gereja dan mulai mendapat perhatian. Pada waktu itu, Pembaruan Karismatik Katolik (PKK) sudah ada di Manokwari, kemudia Ibu Ganadi yang saat itu menjabat sebagai Koordinator BPK Manokwari mendengar tentang kelompok ini, dan bersama-sama dengan Ibu Esther Kandou, mereka datang berkunjung untuk memperkenalkan PKK kepada kelompok ini. Setelah pertemuan hari itu, kelompok ini kemudian mengikuti SHDR dan membentuk Persekutuan Doa Karismatik Katolik St. Fransiskus Asisi, yang kemudian menjadi PD pertama di Keuskupan Jayapura.

    Karena kesulitan menemukan Pastor yang mau memberikan pembinaan bagi kelompok ini, akhirnya Bapa Uskup saat itu, Mgr. Leo Labaladjar OFM secara khusus menugaskan Bapak Hardus Desa, seorang sekretaris Keuskupan untuk mendampingi dan membina kelompok PD ini. Berkat bimbingan Roh Kudus, PDKK St. Fransiskus Asisi dapat terus bertumbuh, dan buah-buahnya juga dapat dirasakan oleh Gereja. PDKK St. Fransiskus Asisi semakin mendapat ‘restu’  karena komitmen mereka untuk setia dan taat pada hierarki serta ajaran-ajaran Gereja Katolik.

    Kini, PDKK St. Fransiskus Asisi sudah berusia 18 tahun dan baru saja melantik para pengurus baru untuk periode 2017-2020. Bapak Teddy Purwanto dipercaya untuk menjadi Koordinator PD. Ada beberapa orang yang terlibat mula-mula dalam sejarah PKK di keuskupan Jayapura, yang karena diberikan kepercayaan untuk melayani di Paroki atau Keuskupan, sudah tidak bisa lagi bergabung secara rutin di PDKK ini. Maka, ketika pelantikan pengurus baru tanggal 23 November kemarin, merupakan momen yang menggembirakan bagi PDKK tersebut, sebab teman-teman “sesepuh” dapat hadir untuk memberikan dukungannya.

    Semoga PDKK St. Fransiskus Asisi, dengan pertolongan Allah dan bimbingan Roh Kudus, dapat terus bertumbuh dan berbuah berlimpah bagi Gereja, sesama, terutama bagi kemuliaan nama Tuhan. Selamat melayani 🙏 ***

    (Medikom BPN. Narasumber: Rita Thang)

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/