• Bengkel Rohani 19-21 April 2013


    Ditulis pada tanggal : Saturday, 25 May 2013, 04:29 PM

    "Retret Bengkel Rohani ini sangat bagus, sayang sekali banyak anggota team pengurus PD kami tidak bisa ikut. Seharusnya mereka ikut'. 

    Ungkapan seperti ini seringkali dilontarkan dengan penuh penyesalan oleh Peserta dari suatu Retret atau acara rohani yang lain. Begitu juga, pernyataan ini disampaikan kepada saya setelah Retret Bengkel Rohani BPK PKK Surabaya berakhir. 

    Dimulai pada hari Jumat 19 April 2013 sampai dengan 21 April 2013, Retret Bengkel Rohani telah diadakan oleh BPKPKK Surabaya di Rumah Retret Graha Wacana, Ledug. 

    Peserta berjumlah 82 orang, berasal dari BPKPKK Malang (Malang dan Probolinggo, Kraksaan), BPK PKK Surabaya : para Pengurus PDKK Blitar, Wlingi, Kediri, Mojokerto, Mojoagung, Sidoarjo dan Surabaya. Selain itu, tergabung pula Pengajar2 SEP dan Pewarta Sabda. 

    Pembawa Materi adalah Bp. Felix Ali Chendra, Bp. Agus Suherman, Ibu Ratna Nirmala. 7 sesi dibawakan dengan cara yang menarik. Ada bagian yang bersifat memberikan informasi mengenai Pembaruan Karismatik Katolik dan PDKKrefleksi bahwa  Roh Kudus terus  berkarya sepanjang sejarah manusia, yang dimulai dari Penciptaan,bagaimana cara menghadapi konflik secara benar tanpa meninggalkan semangat Pembaruan oleh Roh Kudus dan penyampaian2 sharing pengalaman hidup Pembicara dan refleksi dari Kitab Suci yang menyentuh hati para Peserta

    Seluruh materi mengalir bersama dinamika gerak yang tercipta selama retret 3 hari ini, menimbulkan suatu kesimpulan bahwa Bengkel Rohani perlu dialami, dan bukan hanya didengarkan atau ditonton dari rekaman audio maupun video visual. 

    Sebagaimana selalu ditekankan bahwa karya Roh Kudus perlu dialami, bukan hanya dipelajari sebagai ipengetahuan semata, demikian pula dengan Retret ini. 

    Hasil retret ini memang belum terekam dari kesan seluruh Peserta, namun dari apa yang saya alami, digabungkan dengan komentar2 sana sini, saya mensharingkan bahwa melalui Bengkel ini, telah terjadi pemulihan, penyegaran, munculnya pencerahan dan wacana baru yang mendorong suatu komitmen untuk tetap setia melayani sesuai panggilan masing2 dalam PKK. 

    Tema Konvenas 2012 'KOBARKAN TERUS KASIH YANG SEMULA' ternyata bukan hanya slogan yang tertulis di back drop panggung Konvenas di Jakarta tahun lalu. 
    Tema ini teraplikasi melalui retret Bengkel Rohani yang mulai diluncurkan di beberapa BPK di Indonesia tahun 2013. 

    "Sungguh, kami dibawa kembali kepada pengalaman kasih Allah dan dibangkitkan kembali untuk terus melangkah maju bersama ROH KUDUS". 

    Jika ada yang bertanya kepada saya "Apa sih Bengkel Rohani itu ?", maka saya akan menjawab "Mau tahu ? Alamilah !'. 

    Terima kasih kepada para Pembicara. 

    Berikut saya kutipkan  kesan Peserta. 
    - "Kalau kesan kami dari  Prob..bagus sekali bu..krn apa yang mereka sampaikan dan sharingkan itu apa yg kita alami atau apa yg menjadi pergumulan PD kami..misalnya ttg PD yg hanya ribut dengan asesoris ,pengalaman konflik yang dialami Pembicara seperti yg kita alami jadi menguatkan dan masalah komitmen dgn team..yg sering buat kita? ? tapi perkataan Pembicara ' jangan kuatir, Tuhan,  masih ada aku" ..itu bener bener menguatkan saya bu .. .intinya materi disampaikan dengan sharing dan ditunjang alkitab.mudah dimengerti,.dan waktu mutiara yg indah kami mengalami pemulihan....kami juga  jadi tahu sejarah Persekutuan Doa....rata rata peserta waktu bincang bincang bilang (tanda "jempol" di simbol bbm).  Singkat kata bu retret nya Cetar membahana..hehehe. Kami jadi bersmangat dlm melayani..GBU. Leonie - Koordinator PDKK Immanuel paroki Maria Bunda Karmel Probolinggo. 

    - Retret yang sangat bagus dan sangat membantu bagi para pengurus PD (Tanda jempol).Retret ini memberi pencerahan dan jalan keluar bagaimana mengatasi problem-problem  yang memang terjadi di dalam PD kami. 
    Juga memotivasi supaya semangat saya dan teman-teman tidak kendor dalam pelayanan khususnya lagi di PD... mudah-mudahan retret tersebut diadakan juga di tempat lain agar menjadikan berkat bagi PD" setempat. Hans Sebastian, koordinator PDKK FoG dari Kraksaan.  

    Demikianlah pengalaman indah yang saya bagikan agar menjadi berkat bagi PKK di Indonesia. 

    Salam dalam kasih Kristus. 
    Judy Nuradi.

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/