• Konvenda X BPPG Jakarta 2017: Powered By The Holy Spirit

    KONVENDA X BPPG JAKARTA

    (BPK JAKARTA, BPK BANDUNG, BPK BOGOR)

    Caringin – Bogor, 15 – 17 September 2017

    Umat Pembaruan Karismatik Katolik dari tiga Keuskupan dari Propinsi Gerejawi Jakarta mengikuti Konvenda ke-X yang diadakan di Kinasih, Caringin, pada hari Jumat sd Minggu, tanggal 15 – 17 September 2017. Konvenda ini turut di hadiri oleh Uskup Agung Jakarta Mgr Igantius Suharyo, Uskup Agung Bandung Mgr. Antonius Subianto OSC, Uskup Agung Bogor Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM, dan Uskup Agung Malang Mgr. Henricus Pidyarto O. Carm, yang sekaligus menjabat sebagai Episcopal Advisor atau Pendamping Badan Pelayanan Nasional Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPN PKKI).

    Konvenda diawali oleh misa pembukaan yang dipimpin secara konselebran oleh Mgr. Igantius Suharyo, Mgr. Pidyarto, dan Mgr. Paskalis, bersama dengan para Imam lainnya, diikuti oleh sekitar 500 peserta dari Jakarta, Bogor, dan Bandung. Tema Konvenda tahun ini adalah “Powered by the Holy Spirit (Melayani dengan Kuasa Roh Kudus)”, diangkat dari Kisah Para Rasul 1:8. Tema ini merupakan penjabaran Konvenas pada tahun 2015 di Makasar, “Jangan padamkan Roh”. Tujuan dari diadakan Konvenda tahun ini ialah ingin memberikan semangat kepada para pemimpin PKK akan peran Roh Kudus yang telah diterima selama ini di dalam pelayanan kasih bagi sesama. Selain itu, diharapkan dapat mempererat persaudaraan di antara para pelayan dari 3 keuskupan; Keuskupan Jakarta, Bandung, dan Bogor.

    Selain hadir untuk memberikan dukungan dan berkat, Para Uskup juga turut memberikan Ceramah Umum selama acara berlangsung. Ceramah Umum pertama dibawakan oleh Mgr, Igantius Suharyo, dengan topik “Roh Kudus sumber kuasa dan Karunia dalam Melayani”, Ceramah Umum kedua “Karunia-karunia Roh Kudus dalam Gereja untuk Pelayanan” oleh Mgr. Pidyarto, Ceramah Umum ketiga “Membuka diri untuk dipimpin dan dipacu oleh Roh Kudus” oleh Cyril John, salah seorang narasumber serta merupakan anggota Dewan ICCRS, dan Ceramah Umum ke-empat “Pandangan dan Pesan Uskup terhadap PKK” oleh Mgr. Antonius Subianto. Disela-sela Ceramah Umum, peserta juga mengikuti kegiatan Workshop yang terdiri dari enam kelas pengajaran.

    Bertepat dengan kegiatan Konvenda, diadakan juga pemilihan Koordinator BPPG Jakarta untuk periode 2017 – 2010. Nama Surya Tjahjadi keluar sebagai Koordinator Baru yang terpilih. Beliau merupakan seorang Pewarta dan Pengajar dari BPK Bogor. Ada banyak pesan-pesan dari Para Uskup yang berkesan bagi Surya Tjahjadi selama mengikuti Konvenda. Salah satu pesan tersebut Beliau dapatkan dari Ceramah Umum yang dibawakan oleh Mgr. Suharyo mengenai sosok seorang Barnabas, dimana melalui Tokoh Barnabas, Beliau kembali diingatkan bahwa dalam setiap sikap atau tindakan yang diambil haruslah selalu sesuai dengan tutunan Roh Kudus, meskipun hal itu dianggap tidak lazim.

    Puncak pelaksanaan Konvenda diisi dengan acara Fellowship dan KRK, kemudian ditutup dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Mgr. Antonius Subianto, didampingi oleh beberapa Imam. *** (Tim Medikom BPN, dengan Narasumber : Surya Tjahjadi)

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/