• ICCRS Golden Jubilee


    Ditulis pada tanggal : Monday, 28 September 2015, 11:12 PM

    Paus Paulus VI

    “Tidak ada yang lebih diperlukan oleh dunia, yang semakin sekuler, daripada kesaksian dari ‘pembaruan rohani’ ini, dimana kita melihat, saat ini, Roh Kudus berhembus ke dalam beragam wilayah dan lingkungan. Manifestasinya bervariasi: kesatuan jiwa yang mendalam, hubungan yang begitu dekat dengan Tuhan dalam kesetiaan kepada komitmen dalam Baptisan, dalam doa yang seringkali adalah doa komunitas dimana masing-masing mengekspresikan diri secara bebas, membantu, mendukung dan memupuk doa untuk orang lain, dan dasar dari segalanya adalah sebuah keyakinan pribadi. Keyakinan ini bersumber tidak hanya dalam perintah yang diterima melalui iman tetapi juga dalam sebuah pengalaman dari kehidupan nyata, yakni tanpa Tuhan, manusia tidak dapat melakukan apa-apa, dan sebaliknya, dengan Tuhan semua menjadi mungkin. [...] Lalu bagaimana ‘pembaruan rohani’ ini dapat tidak menjadi ‘sebuah kesempatan’ bagi gereja dan bagi dunia? Dan bagaimana, dalam hal ini, seseorang dapat tidak mengambil semua hal untuk memastikan hal ini tetap demikian?”

    (Paus Paulus VI ketika memberikan sambutan kepada para peserta dalam Konferensi Leaders International II Pembaruan Karismatik, Roma 19 Mei 1975)

    Paus Yohanes Paulus II

    Gerakan Karismatik Katolik adalah satu dari begitu banyak buah dari Konsili Vatikan II, yang seperti Pentakosta baru, memimpin kepada perkembangan yang luar biasa di dalam kelompok dan gerakan di dalam hidup Gereja, khususnya yang peka terhadap gerakan Roh. Bagaimana kita tidak bersyukur untuk buah-buah rohani yang berharga dimana telah dihasilkan oleh Pembaruan di dalam hidup Gereja dan di dalam hidup begitu banyak orang? Berapa banyak orang awam yang setia – pria, wanita, orang muda, dewasa dan lansia – telah mengalami di dalam hidup mereka sendiri kekuatan yang luar biasa dari Roh dan karunia-karunianya! Berapa banyak orang telah menemukan kembali iman, sukacita dalam doa, kekuatan dan keindahan dari Firman Tuhan, yang kesemuanya ini diterjemahkan kedalam pelayanan yang murah hati di dalam misi Gereja! Berapa banyak kehidupan telah diubah secara mendalam! Untuk semuanya ini hari ini, bersama dengan anda, saya hendak memuji dan mengucap syukur kepada Roh Kudus.”

    (Sambutan dari Bapa Suci Paus Yohanes Paulus II kepada para pemimpin dari Pembaruan di Dalam Roh, Roma Italia, 4 April 1998)

    Paus Benediktus XVI

    “Sebagaimana telah saya tegaskan dalam kesempatan-kesempatan lain, Gerakan-gerakan yang berhubungan dengan Gereja dan Komunitas Baru yang tumbuh berkembang setelah Konsili Vatikan II adalah merupakan sebuah anugerah yang khas dari Tuhan dan sebuah sumber daya yang berharga bagi hidup Gereja. Hal-hal tersebut harus diterima dengan kepercayaan dan dihargai karena berbagai kontribusi yang ditempatkan pada pelayanan atas kepentingan bersama dengan cara yang teratur dan membuahkan hasil. Refleksi anda saat ini atas sentralitas Kristus dalam pengajaran adalah sangat menarik dan juga atas pentingnya ‘Karisma di dalam kehidupan Gereja secara khusus’ merujuk kepada Teologi Pauline, Perjanjian Baru dan pengalaman Pembaruan Karismatik. Apa yang kita pelajari di dalam Perjanjian Baru atas Karisma, dimana muncul sebagai tanda yang terlihat atas datangnya Roh Kudus, bukanlah kejadian sejarah masa lalu, tetapi kenyataan yang sungguh hidup. Ini adalah Roh ilahi yang sama, jiwa Gereja, yang bekerja dalam setiap jaman dan campur tangan Roh yang misterius dan efektif itu adalah manifestasi yang menguntungkan di waktu kita. Gerakan dan Komunitas Baru adalah seperti Roh Kudus yang dicurahkan dalam Gereja dan dalam masyarakat modern. Oleh karena itu, kita dapat secara benar mengatakan bahwa salah satu dari elemen-elemen positif dan aspek-aspek dari Komunitas Pembaruan Karismatik Katolik adalah secara tepat penekanan mereka atas karisma atau karunia dari Roh Kudus dan keistimewaannya terletak dalam mengingat kembali relevansinya di dalam Gereja.”

    (Sambutan dari Yang Mulia Benediktus XVI kepada para peserta dalam sebuah pertemuan yang diselenggarakan oleh Persaudaraan Katolik Komunitas Perjanjian dan Persekutuan Karismatik di Roma, 31 Oktober 2008)

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/