• Renungan Harian - Selasa, 22 Agustus 2017


    Ditulis pada tanggal : Thursday, 17 August 2017, 10:25 PM

    Renungan Harian 2017

    Selasa, 22 Agustus 2017

    SP. Maria, Ratu

    Hakim-hakim 6:11-24a

    Mazmur 85:9,11-14

    Yohanes 10:23-30

    GIDEON DIPANGGIL

    “Malaekat Tuhan menampakkan diri kepadanya (Gideon) dan berfirman kepadanya: ‘Tuhan menyertai engkau hai pahlawan yang gagah berani.” --- Hakim 6:12

    SEANDAINYA GIDEON tidak berjumpa dengan malaekat Tuhan, ia tetap orang biasa dan tidak diperhitungkan orang. Ia baru mengirik gandum dalam tempat pemerasan anggur (Hakim 6:11). Waktu rakyat Israel di bawah penindasan orang Media. Oleh malaekat, Gedion mendapat julukan “pahlawan yang gagah berani”, karena dialah yang ditunjuk Tuhan untuk membebaskan rakyat Israel. Dan Gedion berhasil. Gideon-lah yang memulai zaman para Hakim.

    Demikian juga saat ini, Tuhan mencari kita-kita. Mungkin kita sebagai Gedion, yang belum menyadari adanya panggilan Tuhan itu, atau kita malah sudah melakukan kehendak-Nya. Allah mencari orang-orang ‘di seluruh bumi’ guna mendorong dan membesarkan hati orang-orang yang mau mengabdi dan melayani Dia. Tuhan juga ingin membantu kita-kita untuk naik ke tingkat lebih tinggi yakni menjadi murid-murid-Nya. Tuhan mengenal benar nama kita sebenarnya. Tuhan tahu apa kita ini dan akan menjadi apa nantinya.

    Bisa saja kita menganggap diri kita tak berarti, Tuhan akan menyatakan kepada kita betapa pentingnya kita ini. Sekali lagi benar Ia melihat kita siapakah kita ini tetapi juga kiranya kita mampu untuk menjadi ‘siapa’ nanti ! Ada rencana agung tentang kita dalam pikiran dan hati Tuhan.

    Tuhan ingin sekali berbagi dengan kita. Ia ingin nyatakan bahwa kita ini mata-hati-Nya. Dan kita dimampukan untuk melakukan semua dan apa saja dengan perantaraan-Nya (Rm 8:1; Flp 4:13).

    Yang perlu kita lakukan: mendengarkan sabda-sabda-Nya! Biarkan diri diurapi oleh Roh Kudus. Lalu kita maju berjuang demi tambah besar kemuliaan Tuhan dalam kuasa kasih-Nya.

    Doa: “Berkatilah daku agar penuh percaya, berani dan bersemangat melayani-Mu dengan sepenuh hati”

    Janji: “Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan bercium-ciuman” --- Mazmur 85:11

    Pujian: Liturgi menyatakan taggal 22 Agustus ini sebagai Peringatan Wajib, Pesta Santa Perawan Maria Ratu. Dalam Litani Santa Perawan Maria, Maria adalah Ratu dengan 12 gelar, dari Ratu para Malaekat sampai Ratu pencinta damai.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/