• Renungan Harian - Senin, 23 Oktober 2017

    Senin, 23 Oktober

    St. Yohanes dr Kaperstrano,Im

    Roma 4:20-25

    MT Lukas 1:69-75

    Lukas 12:13-21

    APA YANG DAPAT KITA ANDALKAN

    “Kata-kata ini, yaitu "hal ini diperhitungkan kepadanya," tidak ditulis untuk Abraham saja,  tetapi ditulis juga untuk kita; sebab kepada kitapun Allah memperhitungkannya, karena kita percaya kepada Dia, yang telah membangkitkan Yesus, Tuhan kita, dari antara orang mati,” --- Roma 4:23-24

    DALAM SITUASI yang susah dan sukar, Abraham percaya akan Allah. “Maka percayalah Abraham kepada Tuhan, dan Tuhan memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran" (Rm 4:3).

    Banyak orang berusaha mencari tambah sesuatu yang dapat diandalkan atau dapat diperhitungkan sebagai jaminan.  Tanpa ada sesuatu yang menjadi jaminan, sukar orang mendapat pinjaman dari Bank, untuk kontrak atau usaha. Banyak orang bingung bagaimana memperoleh tambahan agar dapat menjadi jaminan yang bisa diperhitungkan. Untuk itu ada yang merubah pola dan gaya hidupnya.

    Bacaan Injil hari ini mengkisahkan seseorang yang akan panen besar. Ini tentu menambah kekayaan yang dapat dijadikan jaminan. Ia memiliki simpanan panenan untuk bertahun-tahun (Luk 12:19). Tetapi semua harta kekayaan ini hanya untuk dirinya sendiri, bukan untuk Allah. Bila ia mati di malam itu, kekayaan duniawi yang menjadi jaminan itu tak bermakna sama sekali untuk hidup kekal di kemudian hari.

    Tepatlah nasehat Yesus, “kumpulkanlah bagimu harta di surga, bukan di dunia” (Mat 6:19-20). Di situlah seharusnya hartamu engkau kumpulkan dan kau simpan. “Carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada” (Kol 3:1-2). Allah tidak mencari jaminan. Kita tidak bisa berbuat ini itu untuk dapat membuat agar Allah berkenan pada kita. Yang Tuhan cari adalah iman kita, kepatuhan dan kesetiaan kita (Rm 4:23-24).

    Mari kita berusaha agar dapat memiliki iman seperti Abraham. Percaya penuh pada Allah dalam hal apa saja dan di sembarang waktu.

    Doa: Tuhan, tambahkanlah iman kami. Berilah kami iman yang patuh dan penurut.

    Janji: Dalam Kidung Zakharia, bahwa (Allah) “menunjukkan rahmat-Nya kepada nenek moyang kita, dan mengingat akan perjanjian-Nya yang kudus” --- Lukas 1:72

    Pujian: Hari ini kita peringati Santo Yohanes Capestrano. Dulunya ia adalah Gubernur di Perugia. Ia ditangkap dalam perang dan dijadikan tahanan. Yesus menjamah hatinya. Sewaktu sesudah bebas, dia menyerahkan hidupnya seluruhnya kepada Yesus dengan menjadi seorang iman. Karena kotbahnya yang menarik, banyak orang mau menerima Yesus.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/