• Renungan Harian - Rabu, 25 Oktober 2017

    Rabu, 25 Oktober 2017

    Roma 6:12-18

    Mazmur 124:1-8

    Lukas 12:39-48

    HAMBA YANG SETIA DAN BIJAK

    “Jadi, siapakah pengurus rumah yang setia dan bijaksana ...” --- Lukas 12:42

    PENANGGALAN LITURGI berakhir dengan Minggu Kristus Raja -- lima pekan lagi. Yesus Kristus -- Raja segala raja, “Tu(h)an” segala Tuan, akan kembali dalam kemuliaan, mengendarai awan, dikawal para malaikat, di tengah gegap gempitanya suara trompet dan sangkakala (Mat 25:31). Sewaktu nanti Ia datang kembali, sangat menakjubkan, Ia mengenakan kain di pinggang atau ‘celemek’. Ia mendudukkan para hamba-Nya yang rendah hati di kursi-kursi meja makan, dan Dia “datang melayani mereka” (Luk 12:37). Dan sebaliknya, orang-orang yang dengan sombong menolak patuh pada Yesus, menolak mencintai Tuhan dan sesama, akan dihukum selamanya “senasib dengan orang-orang yang tidak setia” (Luk 12:46a).

    Kita semua ini akan siap menjemput Yesus yang akan datang di akhir zaman, kala kita memilih:

    • “Mengenakan kain di pinggang tiap hari untuk “memberikan makanan kepada mereka pada waktunya” (Luk 12:42).
    • Mengenakan ‘handuk’ pada pinggang meneladan Yesus, dan menyuci kaki dari sesama murid’ (Yoh 13:4 dst).
    • Mengambil tempat terbawah (Luk 14:10), sebagaimana Yesus lakukan sewaktu di Bethlehem, Nazaret dan Kalvari, dan
    • Menghampakan diri (Flp 2:7), dan kita merendahkan diri kita.

    Para abdi Yesus yang rendah hati, tak hanya akan mewarisi bumi ini (Mat 5:5), tetapi juga mewarisi Kerajaan Surga (Jak 2:5). Janji Tuhan “Pada hari itu engkau tidak akan mendapat malu karena segala perbuatan durhaka yang kaulakukan terhadap Aku, sebab pada waktu itu Aku akan menyingkirkan dari padamu orang-orangmu yang  congkak, dan engkau tidak akan lagi meninggikan dirimu di gunung-Ku yang kudus. Di antaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, dan mereka akan mencari perlindungan pada nama TUHAN” (Zef 3:11-12).

    Yesus akan kembali dengan rendah hati tetapi penuh kemuliaan dan menuntun semua orang yang rendah hati dalam kemuliaan. Mari dengan rendah hati mengabdi dan melayani Tuhan dengan kerendahan hati. Dan kita boleh berseru “Maranatha! Datanglah ya Tuhan!”

    Doa: Ya Yesus, “Dikau yang lembut dan rendah hati” jadikanlah hatiku seperti Hati-Mu.”

    Janji: “Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut" --- Lukas 12:48

    Pujian: Di era ‘Medsos’ ini banyak Umat menggunakannya untuk mencari bahan bacaan Misa Harian agar lebih siap be-Ekaristi. Mereka juga mencari bacaan saleh, inspiratif yang mendukung iman, dan mereka bagikan lewat ‘wa’ mereka.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/