• Renungan Harian - Jumat, 27 Oktober 2017

    Jumat, 27 Oktober 2017

    Roma 7:18-25a

    Mazmur 119:66, 68, 76-77, 93-94

    Lukas 12:54-59

    YESUSLAH KEHIDUPANNYA

    “Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?” --- Roma 7:24

    KALAU KITA MAU jujur, kita perlu mengakui bahwa diri kita tidak bersikap jujur terhadap diri kita sendiri. Bila kita itu benar-benar jujur, tentu kita akan harus mengakui bahwa ada sesuatu yang salah dengan diri kita. Tak ada hal yang baik dalam diri kita (Rm 7:18).

    Kita sadari bahwa meski kita mau berbuat baik, nyatanya yang kita lakukan bukan yang baik, yang tidak ingin kita lakukan. Kita mempunyai keinginan untuk berbuat yang baik, tetapi kita tidak mempunyai kekuatan untuk berbuat baik (Rm 7:19). Ini membuat kita menjadi tahanan dari hukum dosa di dalam tubuh kita ini (Rm 7:23). Dalam hal ini Paulus berseru keras, setengah putus asa, “Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh naut ini? Syukur kepada Allah. oleh Yesus Kristus Tuhan kita” (Rm 7:24). Ya,  hanya oleh Yesus Kristuslah, kita bisa bebas dari kehancuran diri (Rm 7:25).

    Kalau kita berada di dalam Yesus Kristus, ‘tidak ada penghukuman’ (Rm 8:1). Bagaimana mungkin?

    Karena, Yesus sendiri yang hidup dalam diri itu adalah Penyelamat dan Penebus kita. Dia adalah Allah sendiri. Kita memusatkan segalanya pada Dia, ya waktu ya hidup kita seluruhnya (1 Ptr 1:21).

    Di awal abad ke-21 ini, umumnya disebut awal ‘millenium ketiga’, mari kita serahkan dan unjukkan hidup kita seutuhnya kepada-Nya. Mencintai Yesus dengan segenap hati. Mari bersujud menyembah-Nya. Mari mewartakan ‘Siapa Yesus itu’, dan apa saja yang telah Ia lakukan pada hidup dan diri kita.

    Wartakan: Hidup adalah Kristus (Flp 1:21). Hidup -- mati, ikut Kristus.

    Doa: Yesus Dikau telah memberikan hidup-Mu untukku, maka sekarang kuhunjukkan hidupku kepada-Mu.

    Janji: “Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?” --- Lukas 12:56

    Pujian: Tari bersukacita sewaktu Malam Paskah, sebab suaminya mau kembali ke gereja lagi, merayakan Paskah bersama.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/