• Renungan Harian - Kamis, 2 November 2017


    Ditulis pada tanggal : Wednesday, 01 November 2017, 03:27 AM

    Renungan Harian - Kamis, 2 November 2017

    Kamis, 2 November 2017

    Pengenangan Arwah Semua Orang Beriman

    2 Makabe 12:43-46

    Mazmur 130:1-8

    1 Korintus 15:12-34

    Yohanes 6:37-40

    KEBANGKITAN BADAN

    “Sebab inilah kehendak BapaKu, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepadaNya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.” --- Yohanes 6:40

    MENGAPA YUDAS MAKABE memerintahkan anak buahnya untuk mengumpulkan uang yang akan dikirimkan ke Yerusalem? Untuk menyelenggarakan Ibadat Korban Persembahan “penghapus dosa” bagi para tentaranya yang gugur. Pasukan berperang yang gugur itu ternyata membawa jimat dalam saku mereka. Dan ini jelas dosa! Yudas memikirkan dan menaruh harapan tentang kebangkitan setelah kematian (2 Mak 12:43-44).

    Dalam Mazmur dikatakan “Jika Engkau, ya Tuhan, mengingat-ingat kesalahan-kesalahan, Tuhan, siapakah yang dapat tahan? Tetapi padaMu ada pengampunan, supaya Engkau ditakuti orang” (Mzm 130:3-4). Ini dalam Perjanjian Lama. Dan dalam Perjanjian Baru, pengharapan kita pada Kristus tidak hanya dalam  kehidupan di dunia ini saja melainkan berkelanjutan sampai kita semua masuk dalam alam baka di mana kita percaya ada bangkitan kembali. Paulus dalam suratnya menegaskan bahwa, “Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia. Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal” (I Kor 15:19-20).

    Janji Tuhan bagi semua orang yang telah datang dan menyerahkan hidupnya seutuhnya kepada Yesus akan memperoleh jaminan kebangkitan setelah kematian, “Sebab inilah kehendak BapaKu, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepadaNya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman” (Yoh 6:40).

    Oleh karena itu, dalam Prefasi Misa Arwah, disebutkan, “kami percaya bahwa kami ditebus oleh kemenangan Kristus atas maut, dan bahwa berkat kemurahan serta kebaikan-Mu kami dipanggil untuk hidup bersama Dia”.

    Marilah kita menjaga diri untuk tetap bersekutu dengan Tuhan dalam hidup sekarang ini sampai di akhir hayat kitas. Kita jaga diri kita menjauhi hal-hal yang menghalang-halangi persatuan kita ini dengan  Kristus selamanya. (Lana)

    Doa: Tuhan Yesus, dengan rahmat KerahimanMu kami yakin dan percaya bahwa setelah kematian nanti tubuh rohaniah kami akan mengalami kebangkitan badan dan memasuki kehidupan yang kekal bersamaMu di Surga.

    Janji: “Dan inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikanNya kepadaKu jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman” --- Yohanes 6:39

    Pujian: Bunda Maria mengalami kebangkitan badan setelah diangkat Tuhan ke Surga karena ia adalah sosok yang setia dan tidak pernah terpisahkan dari Kristus.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/