• Renungan Harian - Kamis, 30 November 2017


    Ditulis pada tanggal : Tuesday, 28 November 2017, 10:55 PM

    SearchRenungan Harian - Kamis, 30 November 2017

    Kamis, 30 November 2017

    St. Andreas, Rasul

    Roma 10:9-18

    Mazmur 19:2-5

    Matius 4:18-22

    TAK DIIKUTSERTAKAN?

    “Ia (Yesus) melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya.” --- Matius 4:18

    HARI INI kita peringati santo Andreas. Ia saudara Simon Petrus. Dan ia termasuk kelompok murid yang dipanggil Yesus pertama kali (Yoh 1:40-41). Bersama Yakobus dan Yohanes, Simon dan Andreas, keempatnya dipanggil Yesus sendiri untuk menjadi ‘penjala manusia’ (Mat 4:19).

    Meski Andreas termasuk kelompok pertama yang dipanggil Yesus, tetapi selanjutnya ia tidak termasuk ‘lingkaran pertama’ dalam mengikuti Yesus. Ada tiga dalam ‘lingkaran pertama’ itu, yakni “Petrus, Yakobus dan Yohanes.” Andreas di luar lingkaran pertama itu. Ketiganyalah yang nanti menyaksikan Yesus membangkitkan anak putri Yairus dari mati (Mrk 5:37), pada peristiwa Wajah Yesus berganti rupa (Transfigurasi) (Mrk 9:2), dan saat Yesus mengalami saat akhir hidup-Nya seakan-akan dalam keadaan sakratul maut di Taman Getsemani ((Mat 26:37). Jelas dalam peristiwa itu Andreas tidak diikutsertakan.

    Bagaimana anda, bila anda seperti Andreas sebagai nomor empat? Umumnya orang kalau mengalami seperti itu, yakni tidak diikutsertakan, tentu lalu sedikit sakit hati, cemburu, tak mau mengampuni dll. Tetapi Andreas adalah Andreas. Ia tetap setia  dalam komitmen yang pertama. Ia tetap meninggalkan segalanya mau menjadi ‘penjala manusia’. Ia menjadi ‘pengInjil terhormat’ di antara para rasul. Ingat, sewaktu ada sekelompok orang-orang Yunani meminta bantuan Filipus agar dapat bertemu dengan Yesus, Filipus membawa mereka ke Andreas. Dan Andreas-lah yang membawa dan memperkenalkan mereka kepada Yesus (Yoh 12:21-22).

    Bila anda dan kami tak diikutsertakan, janganlah kita patah hati. Kita tetap bisa berbagi dengan sesama kita akan cinta kita akan Yesus. Bila ada yang merasa ditinggal atau malahan ditolak dalam hidup ini dan juga sampai sekarang ini, ingat Yesus! Dia juga ditolak sejak kelahiran-Nya sampai wafat-Nya di kayu salib.

    Ayo mengkuti teladan Yesus sendiri. Dia ditolak tetapi tetap Ia menggapai kita-kita dengan kasih-Nya yang luar biasa.

    Doa: Bapa, jangan sampai aku masuk ke dalam kelompok ‘barisan sakit hati’, tetapi masuk ke dalam ‘kelompok Yesus.’

    Janji: “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan” --- Roma 10:9

    Pujian: Santo Andreas menjelajah daerah Laut Hitam, timur dan timur laut. Umat Gereja Armenia berhutang budi dalam iman pada Santo Andreas.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/