• Renungan Harian - Jumat, 1 Desember 2017


    Ditulis pada tanggal : Thursday, 30 November 2017, 12:38 AM

    SearchRenungan Harian - Jumat, 1 Desember 2017

    Jumat, 1 Desember 2017

    B. Dionisius & Redemptus, BiarwMrtInd

    Daniel 7:2-14

    MT Daniel 3:75-81

    Lukas 21:29-33

    DATANG DAN PERGI

    “Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu." --- Lukas 21: 33

    SEGALA  SESUATU  dalam hidup ini berubah. Tiap hari tentu ada orang berpesta ulang tahun. Usia bertambah, usia berubah. Hari ini tambah satu hari. Bulan lalu, tahun lalu berbeda dengan bulan dan tahun ini. Sewaktu kita masih muda, kita tidak menyadari hal ini. Semakin tambah usia, semakin cepat kita menyaksikan semuanya berubah. Hidup terasa semakin berjalan taram temaram.

    Hal-hal yang nampaknya kokoh kuat dan pasti, dapat saja berlalu. Demikianlah hidup perkawinan kita, persahabatan kita, iman kita, dan hidup sendiri ini. Tak terasa ada suatu hal yang membuka mata kita dan kesadaran kita : orangtua kita meninggal, teman dan sahabat pergi, api iman yang dulu bernyala terasa meredup. Kita saksikan hidup bekeluarga ada yang berantakan. Kita dapat bertanya pada diri kita sendiri, apakah masih ada sesuatu yang kudus.

    Jawabannya jelas! Ya! Ada sesuatu yang kudus. Sebagai orang beriman, kita sadari dan yakini bahwa Sabda Allah dan Janji Allah bagi kita tak akan berubah. Meski banyaknya kesukaran dalam hidup ini, kita tetap bisa yakin bahwa Sabda Allah itu tetap kokoh, tempat kita berlabuh dari gelombang perubahan di dunia ini. Juga mungkin saja iman kita akan Dia, melemah, tetapi hati kecil kita dan pikiran kita tetap menyadari bahwa kasih Allah akan kita ini tidaklah berubah. Allah bukanlah tunduk akan peruahan yang ada di dunia ini. Tuhan Allah ada di atas sana, di atas segala hukum, mengisyaratkan adanya secercah sinar harapan bagi orang yang mencari terang.

    Doa: Bapa, terima kasih sekali. Engkau berkenan menjadi dasar yang kokoh kuat bagiku dalam hidup di dunia yang cepat berubah ini.

    Janji: “Pujilah Tuhan, hai gunung-gemunung, nyanyikanlah dan tinggikanlah Dia selama-lamanya. Pujilah Tuhan, hai segala tumbuhan di bumi, nyanyikanlah dan tinggikanlah Dia selama-lamanya” --- Daniel 3:5-6

    Pujian: Waktu Niken dan Totok saling menerimakan Sakramen Perkawinan, mereka berdua bersujud sungkem kepada kedua orangtuanya. Sewaktu merayakan pesta perak perkawinan, kedua orangtua telah tiada. Dan pada upacara sungkeman, ketiga anaknya sujud sungkem kepada Niken dan Totok.

    Penanggung Jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/