• Renungan Harian - Minggu, 3 Desember 2017


    Ditulis pada tanggal : Thursday, 30 November 2017, 02:12 AM

    SearchRenungan Harian - Minggu, 3 Desember 2017

    Minggu, 3 Desember 2017

    Minggu Adven I

    Yesaya 63:16b-17; 64:1,3b-8

    Mazmur 80:2ac,3b,15-16, 18-19

    1 Korintus 1:3-9

    Markus 13:33-37

    BERJAGA-JAGA MERUPAKAN SUATU TEROBOSAN DALAM HIDUP KITA

    Yesaya 63:16b-17; 64:1,3b-8

    “… Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; nama-Mu ialah "Penebus kami" sejak dahulu kala. Ya TUHAN, mengapa Engkau biarkan kami sesat dari jalan-Mu, dan mengapa Engkau tegarkan hati kami, sehingga tidak takut kepada-Mu? Kembalilah oleh karena hamba-hamba-Mu, oleh karena suku-suku milik kepunyaan-Mu!

    Sekiranya Engkau mengoyakkan langit dan Engkau turun, sehingga gunung-gunung goyang di hadapan-Mu, karena Engkau melakukan kedahsyatan yang tidak kami harapkan, seperti tidak pernah didengar orang sejak dahulu kala! Tidak ada telinga yang mendengar, dan tidak ada mata yang melihat seorang allah yang bertindak bagi orang yang menanti-nantikan dia; hanya Engkau yang berbuat demikian. Engkau menyongsong mereka yang melakukan yang benar dan yang mengingat jalan yang Kautunjukkan! Sesungguhnya, Engkau ini murka, sebab kami berdosa; terhadap Engkau kami memberontak sejak dahulu kala. Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor; kami sekalian menjadi layu seperti daun dan kami lenyap oleh kejahatan kami seperti daun dilenyapkan oleh angin. Tidak ada yang memanggil nama-Mu atau yang bangkit untuk berpegang kepada-Mu; sebab Engkau menyembunyikan wajah-Mu terhadap kami, dan menyerahkan kami ke dalam kekuasaan dosa kami. Tetapi sekarang, ya TUHAN, Engkaulah Bapa kami! Kamilah tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami sekalian adalah buatan tangan-Mu.”

    1 Korintus 1:3-9

    “Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus. Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan, sesuai dengan kesaksian tentang Kristus, yang telah diteguhkan di antara kamu. Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karunia pun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus. Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus. Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia.”

    Markus 13:33-37

    “Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba. Dan halnya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya, dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta, supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!"

    “Hati-Hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.” --- Markus 13:33

    PUJI DAN SYUKUR kepada Tuhan Yesus Kristus karena hari ini kita diperkenankan-Nya untuk memasuki Minggu Adven I. Saya yakin sekali, kalau sebagai umat Katolik kita sangat bahagia dalam mempersiapkan diri untuk menyambut Hari Raya Natal. Dalam rasa syukur itu, kita diberikan suatu masa untuk mempersiapkan diri, masa Adven. Untuk mempersiapkan diri dengan baik, diperlukan kesadaran dan ketulusan untuk terus berjaga-jaga. Berjaga-jaga berarti kita melakukan segala hal dengan baik, supaya kita tidak mengecewakan Allah Bapa yang sudah memberi kepercayaan kepada kita.

    Seorang murid yang semakin menghargai waktu dan mengubah sikap malasnya menjadi semakin bersemangat, merupakan suatu sikap ‘berjaga-jaga’. Seorang pimpinan perusahaan yang semakin rendah hati dan memberikan ‘empati’ kepada karyawan-karyawannya, juga merupakan sikap berjaga-jaga’. Seorang Ibu rumah tangga yang selalu mengumpulkan semangat dan melakukan kegiatan rumah tangga dengan penuh cinta, juga merupakan suatu sikap ‘berjaga-jaga’ yang sangat luar biasa. Seorang aktivis gereja, melakukan pelayanan dengan penuh suka cita dan ketulusan, juga merupakan suatu sikap ‘berjaga-jaga’ yang mampu memberikan terang kepada sesamanya. Demikian pula dengan seorang yang menderita suatu penyakit, berusaha terus-menerus untuk tetap bersemangat dan tidak berputus asa, juga merupakan sikap ‘berjaga-jaga’ yang sangat mengagumkan.

    Sungguh merupakan kesempatan yang sangat berharga, ketika kita diberi waktu untuk ‘berjaga-jaga’, karena kita ingin menyenangkan Bapa surgawi kita, yang memberikan Putra tunggal-Nya untuk lahir di dunia untuk kita. Maha Karya sudah dilakukan oleh Bapa kita yang memberikan Yesus Kristus. Yesus yang datang ke dunia dan meninggalkan kerajaan surgawi untuk kita semua, bukankah ini suatu terobosan yang lebih dari segala terobosan-terobosan yang ada dan yang akan ada.

    Mari kita ‘berjaga-jaga’ sehingga menjadi suatu terobosan baru dalam hidup kita untuk kemuliaan nama Tuhan. (Lisa)

    Doa: Bapa di surga, terima kasih atas masa Adven ini. Kami mohon, dampingilah kami dengan kuasa Roh Kudus-Mu, supaya kami dimampukan untuk selalu ‘berjaga-jaga’, sehingga kami selalu mendapatkan keselamatan dan kedamaian dari-Mu.

    Janji: “Sehingga kamu tidak kekurangan suatu karunia pun sementara kamu menantikan penampakan Tuhan kita Yesus Kristus” --- 1 Korintus 1:7

    Pujian: Untuk semua guru yang bertugas di daerah-daerah terpencil di Indonesia, perbuatan kalian dalam mendidik murid-murid di daerah tersebut merupakan tindakan nyata kasih Tuhan. Suatu sikap ‘berjaga-jaga’ yang sangat mulia.

    Penanggung Jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/