• Renungan Harian - Kamis, 7 Desember 2017


    Ditulis pada tanggal : Wednesday, 06 December 2017, 01:02 AM

    SearchRenungan Harian - Kamis, 7 Desember 2017

    Kamis, 7 Desember 2017

    St. Ambrosius, Usk

    Yesaya 26:1-6

    Mazmur 118:1,8-9,19-21,25-27a

    Matius 7:21,24-27

    DUA DASAR YANG SEJATI

    "Setiap orang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu." --- Matius 7:24

    BANGUNAN YANG didirikan dengan fondasi yang kuat itu akan tahan terhadap serangan air bah. Demikian juga dengan hidup ini. Hidup yang dialaskan pada dasar dan fondasi yang teguh akan tahan terhadap pencobaan dan ujian.

    Untuk itu Yesus menghendaki dua hal yaitu mendengar Sabda Tuhan dan melakukannya. Iman bukan hanya mendengarkan Sabda Tuhan saja, tapi juga bagaimana melakukan Sabda Tuhan tersebut. Pengetahuan apapun akan menjadi relevan kalau dinyatakan dalam perbuatan nyata. "Tak ada gunanya orang pergi ke dokter kalau orang tersebut tidak bersedia mendengar dan melakukan kata-kata dokter tersebut.”

    Ada beribu-ribu orang yang pergi dan mendengarkan ajaran Yesus tiap hari minggu bahkan mempunyai pengetahuan yang baik tentang ajarannya, tetapi tidak pernah berusaha untuk melakukannya dalam kehidupan yang nyata setiap hari. Kalau kita benar-benar pengikut Kristus, kita harus mendengarkan-Nya dan berbuat sesuatu seperti yang diajarkan Kristus Yesus, kita harus mentaati ajaran-Nya.

    Yesus ingin agar kita taat kepada-Nya. Belajar taat adalah hal yang penting dalam hidup ini. Banyak kecelakaan dan bahaya datang kalau tidak ada ketaatan. Hampir semua kecelakaan lalulintas terjadi karena pengemudi tidak mentaati peraturan yang berlaku. Ada beberapa kasus ‘malpraktek’, pasien manjadi korban karena para petugas kesehatan tidak mentaati ketentuan-ketentuan yang sudah diajarkan. Kalau saja peraturan dan ketentuan itu ditaati, maka banyak orang tidak menjadi korban. Memang ketaatan membawa keselamatan.

    Ketaatan itulah yang dikehendaki oleh Yesus. Ia mengatakan satu-satunya dasar hidup yang kokoh adalah ketaatan kepada-Nya, taat untuk mendengar dan melakukan apa yang diajarkan oleh Yesus Kristus melalui Sabda dan teladan hidup-Nya. Dan Ia berjanji, bahwa hidup yang didasarkan pada ketaatan kepada-Nya adalah aman meskipun ada gelombang besar yang mengamuk. Karena ketaatan mendatangkan perkenan dan berkat Tuhan. (Mariska)

    Doa: Tuhan Yesus, terima kasih atas Sabda dan ajaran-Mu sehingga aku lebih mengenal kasih dan kebenaran-Mu. Roh Kudus, bimbinglah aku agar mampu melakukan Sabda-Mu dengan penuh ketaatan dan ketulusan hati. Amin.

    Janji: “Aku bersyukur kepada-Mu, sebab Engkau telah menjawab aku dan telah menjadi keselamatanku” ---Mazmur 118:21

    Pujian: Santo Ambrosius, adalah seorang uskup yang bijaksana dan murah hati terhadap kaum miskin. Ia sungguh memiliki iman yang kuat. Tanpa mengalami Kristus secara pribadi tidak mungkin ia menjadi seorang gembala yang baik.

    Penanggung Jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/