• Renungan Harian - Jumat, 8 Desember 2017


    Ditulis pada tanggal : Wednesday, 06 December 2017, 10:05 PM

    SearchRenungan Harian - Jumat, 8 Desember 2017

    Jumat, 8 Desember 2017

    Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda

    Kejadian 3:9-15,20

    Mazmur 98:1-4

    Efesus 1:3-6,11-12

    Lukas 1:26-38

    SALURAN RAHMAT ALLAH

    "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan;  jadilah padaku menurut perkataanmu itu." ---Lukas 1:38

    KITA TERLAHIR dengan membawa dosa warisan dari Adam dan Hawa. Dosa pusaka atau dosa asal inilah yang menjadi belenggu manusia sehingga kita cenderung mudah untuk “berdosa” ketimbang berbuat kebaikan. Kecenderungan untuk menjauhi Tuhan daripada mendekat kepada-Nya untuk menikmati kebaikan dan Cinta-Nya.

    Hari ini Gereja merayakan “Maria dikandung tanpa noda Dosa” mengingatkan kepada kita betapa luhurnya martabat Bunda Maria sebagai “Bunda Penebus”. Maria adalah satu-satunya yang dikecualikan Allah dari yang dosa warisan Adam itu. Bunda Maria memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki siapapun juga didunia ini, meskipun Dia juga keturunan Adam, namun Allah telah menentukannya sejak kekal untuk menjadi Bunda Putera-Nya Sang Penebus Dunia, mengandung dan melahirkan Yesus Putera Allah.

    Untuk mengemban tugas luhur inilah Allah mempersiapkan Maria untuk menjadi saluran Rahmat Penyelamatan Tuhan kepada kita manusia. Tuhan Yesus-lah sumber Rahmat, Maria hanya “saluran” Rahmat-Nya namun sudah selayaknya Maria itu penuh rahmat suci tak bercela, Ia ditebus dengan cara yang paling sempurna dikandung tanpa noda dosa suci tak bercela di hadapan Allah. Rahim Bunda Maria dijadikan oleh Allah singgasana yang sempurna bagi Putera-Nya. Melalui Maria kutuk dosa diganti dengan berkat bagi kita umat manusia. Sudah layak dan sepantasnya kita bersyukur karena Allah telah memilih Maria “dara murni” untuk menjadi pengantara Rahmat Allah bagi kita. (STEV)

    Doa: Ya Maria, dengan senang hati kami merenungkan rahasia Allah memilih mu menjadi Bunda Penebus. Engkau telah dibebaskan Allah dari kutuk dosa, Jiwamu diperkaya dengan rahmat Allah dan memancarkan semarak kemuliaan Allah. Ya Bunda yang dikandung tanpa noda, doakanlah kami yang berlindung kepadamu.

    Janji: “Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil” --- Lukas 1:37

    Pujian: Kerendahan hati Bunda Maria dengan berkata "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu”, mengajarkan kami untuk senantiasa percaya kepada kehendak Allah.

    Penanggung Jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/