• Renungan Harian - Senin, 11 Desember 2017


    Ditulis pada tanggal : Friday, 08 December 2017, 10:40 PM

    SearchRenungan Harian - Senin, 11 Desember 2017

    Senin, 11 Desember 2017

    St. Damasus I, Paus

    Yesaya 35:1-10

    Mazmur 85:9ab-14

    Lukas 5:17-26

    YESUS SUNGGUH ALLAH, SUNGGUH MANUSIA

    “Tetapi supaya kamu tahu, bahwa didunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa.” --- Lukas 5:24

    SEMUA ORANG ingin sehat. Bebas dari sakit penyakit. Tabib atau dokterpun “diciptakan Tuhan.” Penyembuhan datang dari Yang Mahatinggi (Sir 38:1-2). “Tuhan menciptakan obat-obatan dari bumi, dan tidak diabaikan oleh orang yang arif.” Dan “Dengannya tabib menyembuhkan dan melenyapkan derita, dan juru obatpun mengolah campurannya” (Sir 38-5-7).

    Tuhan bisa memberi karunia penyembuhan kepada kita. Bukan kita yang menyembuhkan, tetapi Tuhan sendiri dengan kuat kuasa-Nya. Tuhan bisa menggunakan kita untuk penyembuhan penyakit fisik.

    Penyembuhan tidak hanya mengenai penyakit fisik saja, tetapi Yesus lebih menyembuhkan akar penyakit, yakni  hal-hal yang sering melumpuhkan manusia, yakni dosa yang terutama adalah dosa penolakan atas kasih Allah sendiri. Manusia seringkali dibuta tulikan, dilumpuhkan oleh dosanya sendiri sehingga tidak mampu mengenali kehadiran Allah di dalam hidupnya. Injil Lukas hari ini mengkisahkan Yesus menunjukkan kuasa pembebasan dari Allah dalam diriNya, bahwa Ia adalah Allah sendiri yang datang untuk menyelamatkan.

    Kita mengimani bahwa Yesus bukanlah sekedar manusia biasa, Ia adalah Allah yang merendahkan diri menjadi manusia biasa, tetapi Yesus sendiri sudah menyatakan bahwa Ia mempunyai kuasa mengampuni dosa, hal inilah yang kemudian diimani bahwa Yesus sungguh Allah dan sungguh manusia. Karena hanya Allah-lah yang bisa mengampuni dosa. Hanya iman-lah yang akan mampu untuk kita memahami bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan semesta alam, yang tidak hanya mempunyai kuasa untuk mengampuni dosa manusia tetapi juga berkuasa menyembuhkan segala sakit penyakit. Ia menunjukkan bahwa di dalam Allah, manusia dibebaskan dari dosa dan penyakit untuk kemudian dibangkitkan agar berjalan bersama Allah.

    Penyembuhan yang dilakukan Yesus, mengingatkan bagi setiap manusia bahwa Kerajaan Allah sudah datang dan keselamatan manusia sungguh nyata. Berbahagialah kita yang berkenan menyambut kedatangan-Nya dan menerima Dia sebagai Juru Selamat manusia. Yesus bukanlah hanya sekedar sebagai penyembuh bagi orang Kristiani tetapi lebih lagi Dia dalah sang Juru Selamat. Mari bersiap untuk menyaksikan hal-hal yang menakjubkan dan mengherankan bersama dan di dalam Yesus Kristus. (IMS)

    Doa: Tuhan Yesus, mampukan aku untuk mengenali kehadiran-Mu di dalam kehidupanku dan sembuhkanlah aku orang berdosa ini.

    Janji: “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan” --- Yohanes 13:13

    Pujian: Pertobatan awal yang dilakukan Budi, melalui Sakramen Tobat atau Rekonsiliasi, telah membuka jalan baginya untuk semakin dekat dan mengenal Yesus di dalam hidupnya. Kini kehidupannya telah dipulihkan Allah. Ia ingin melayani sesama.  Halleluya.

    Penanggung Jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/