• Renungan Harian - Selasa, 12 Desember 2017


    Ditulis pada tanggal : Monday, 11 December 2017, 04:06 AM

    SearchRenungan Harian - Selasa, 12 Desember 2017

    Selasa, 12 Desember 2017

    SP. Maria Guadalupe

    Yesaya 40:1-11

    Mazmur 96:1-3,10ac, 11-13

    Matius 18:12-14

    SUKACITA GEMBALA

    "Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat." --- Matius 18:13

    UMUMNYA GEMBALA di Yudea mempunyai tugas yang sulit dan berbahaya. Gembala itu bertanggung jawab bagi domba-dombanya, jikalau seekor domba hilang maka gembala itu harus mencari dan membawa pulang ke rumah. Paling tidak dibawalah bulunya untuk memperlihatkan bahwa domba itu telah mati.

    Para gembala itu ahli dalam mencari jejak dan dapat mengikuti jejak domba yang hilang tadi ber-kilometer-kilometer melewati bukit-bukit.  Bukanlah gembala kalau tidak sepanjang hari ia mempertaruhkan nyawanya bagi domba-dombanya.

    Inilah gambaran Yesus mengenai Allah. Yakni bahwa Allah adalah seperti gembala itu. Ia sang Gembala. Allah juga akan sangat gembira apabila seekor domba yang hilang ditemukan kembali. Allah mengasihi orang yang dekat pada-Nya, tetapi juga di dalam hati Allah terdapat sukacita yang besar apabila seseorang yang telah hilang ditemukan kembali dan kembali ke rumah Bapa.

    Berbeda dengan sikap orang-orang Farisi terhadap seorang domba yang hilang, mereka menganggap orang yang berdosa itu tidak ada apa-apanya di hadapan Allah, dan diperlakukan sebagai sesuatu untuk dibinasakan.

    Bagaimana dengan kita? Apakah kita memiliki sikap seperti orang Farisi terhadap domba yang hilang? (Mariska)

    Doa: Tuhan Yesus Kristus, seringkali aku memperlakukan orang lain dengan tidak pantas dan kurang menghargai mereka. Ampunilah segala dosa dan kesalahanku ya Tuhan, semoga aku lebih peduli dan berlaku kasih kepada mereka. Amin.

    Janji: “Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kesetiaan-Nya” --- Mazmur 96:13

    Pujian: Benua Amerika Tengah dan Selatan berdevosi kuat kepada Bunda Maria. Umat merayakan pesta besar dalam tiga kesempatan: Natal, Paskah dan Pesta perayaan Bunda Maria dari Guadalupe, tanggal 12 Desember ini. Di situ Maria mendapat julukan “Ibu bagi Amerika.”

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/