• Renungan Harian - Jumat, 29 Desember 2017


    Ditulis pada tanggal : Thursday, 28 December 2017, 12:42 AM

    SearchRenungan Harian - Jumat, 29 Desember 2017

    Jumat, 29 Desember 2017

    S. Tomas Becket, UskMrt

    1 Yohanes 2:3-11

    Mazmur 96:1-3,5-6

    Lukas 2:22-35

    MENTAATI UNTUK MENGASIHI

    “Barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia.” --- 1 Yohanes 2:5

    KARENA CINTA dan kepatuhannya, Maria dan Yusuf mentaati perintah  Allah. Perintah Allah yang dituangkan ke dalam peraturan Musa ‘mengharuskan wanita yang baru saja melahirkan anak’ harus ditahirkan, di hari yang ke delapan. Bersama itu pula anak harus disunat dan diberi nama  (Luk 2:23; Im 12:8; Kel 13:2).

    Mungkin saja Maria dan Yusuf tergoda berpikiran bahwa situasi khusus bagi Kanak-kanak yang istimewa ini adalah di atas hukum Taurat. Kita tahu banyak sekali orang yang baru berkuasa atau berkedudukan tinggi, dalam sejarah, berpendapat bahwa diri mereka adalah di atas hukum dan peraturan. Tetapi bagi Maria dan Yusuf lain daripada yang lain. Mereka berdoa tetap patuh taat pada hukum Allah, dalam semangat, dalam kekebasan dan dalam rasa syukur, kerendahan hati serta cinta. Kepatuhan mereka membuahkan hasil pahala yang berujud nubuatan yang meneguhkan dari Simeon dan Hanna (Luk 2:29-32,34-35,38).

    Sering saja ada orang menyatakan dirinya mencintai Tuhan tetapi gagal dalam mematuhi perintah Allah dalam gaya dan pola hidup mereka. Dan bagi kita, cara  dan jalan kita menyatakan cinta kepada Allah adalah dengan mematuhi perintah-perintah-Nya. “Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya. Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat” (1 Yoh 2:2-3).

    Mari kita nyatakan bahwa Mencintai-Nya. Mari kita patuh taat kepada-Nya.

    Doa: Bapa, ajarilah kami merendahkan diri kami dengan patuh taat kepada-Mu dan perintah-perintah-Mu. Jangan sampai kami ini berpendapat bahwa kebutuhan hidup kami jauh lebih penting daripada ajaran-Mu.

    Janji: “Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan” --- Lukas 2:34

    Pujian: Meski tidak termasuk peringatan wajib,  Santo Tomas Becket dari Inggris (1118-1164), dikenang karena ia  membela hak-hak Gereja melawan Pemerintahan waktu itu. Karena pendiriannya yang patuh taat pada Gereja, ia dihukum mati.

    Penanggung Jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/