• Renungan Harian - Sabtu, 30 Desember 2017


    Ditulis pada tanggal : Thursday, 28 December 2017, 12:53 AM

    SearchRenungan Harian - Sabtu, 30 Desember 2017

    Sabtu, 30 Desember 2017

    1 Yohanes 2:12-17

    Mazmur 96:7-10

    Lukas 2:36-40

    SEPERTI HANYA SELALU SIAP BERJAGA!

    “Ketika itu juga, datanglah (Hanna) ke situ dan mengucap syukur kepadaAllah dan berbicara tentang Anak itu kepada semua orang yang menantikan kelepasan untuk Yerusalem.” --- Lukas 2:38

    HANNA NABI Perempuan, telah 60 tahunan, selalu datang ke Bait Suci untuk beribadah -- lebih dari 20.000 hari selalu bersujud menyembah Allah tiap hari di Bait Allah. Hari demi hari dilaluinya dengan harapan bertemu dengan sang Penyelamat dan al Masih. Dan penantiannya berbuah pada suatu hari, setelah tiap hari selama 20.000 hari rajin beribadah di Bait Suci. Apalagi dalam diri Hanna tak ada rasa perasaan kurnia rahmat akan kedatangan-Nya seperti diri Simeon (Luk 2:26). Hanna tiap hari perlu berjaga dan penuh perhatian yang berpengharapan selama puluhan tahun. Hanna seperti lima gadis yang bijak yang selalu menjaga pelita berminyak dan menyala (Mat 25:4). Ia selalu siap kalau Tuan-nya datang. Ia selalu rajin lakukan itu, takut kalau ia kehilangan kesempatan berjumpa dengan al Masih. Rakyat di Yerusalem terlelap sampai mereka tidak menyadadi saat hari ‘perlawatan-Nya’ (Luk 19:44).

    Dan kita? Mungkin ada saja umat kita yang tiap hari rajin menghadiri Misa Suci. Tentu saja yang rumahnya dekat Gereja, atau memiliki kendaraan dan perjalanan tidak macet. Sudah bertahun-tahun di gereja-gereja Paroki, entah pagi atau sore, atau malahan ya pagi ya sore, ada Perayaan Ekaristi. Gereja tiap hari terbuka bagi kita menghadiri dan merayakan Misa. Di situ kita bisa mendengarkan bacaan Firman Allah. Malahan sekarang kita bisa mempersiapkan membaca bacaan-bacaan Misa itu sebelumnya. Kita juga bisa membaca renungan harian berdasar bacaan Misa itu dan berdoa pribadi. Itu semua tersedia di e-Katolik. Kita tinggal  buka “Playstore”, cari yang kita butuhkan lalu download ke HP kita.

    Semoga kita seperti Hanna berjaga-jaga selalu dan siap menyambut saat perlawatan-Nya. Kesetiaan Hanna akan dikenang sepanjang abad.

    Doa: Bapa, jagalah aku agar jangan sampai aku terlewatkan oleh saat perlawatan-Mu. Berilah aku hati dan budi yang baru untuk selalu siap mendengarkan sabda-sabda-Mu.

    Janji: “Dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya” --- 1 Yoh 2:17.

    Pujian: Meskipun Dyah sudah bertahun-tahun sakit dan berbaring terus, ia bisa membaca bacaan Misa harian dan renungannya. Ia juga menyambut Komuni secara batin dan seminggu sekali dilayani oleh prodiakon paroki.

    Penanggung Jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/