• Renungan Harian - Senin, 19 Juni 2017

    Senin, 19 Juni 2017

    St. Romualdus, Abas

    2 Korintus 6:1-10

    Mazmur 98:1-4

    Matius 5:38-42

    HIDUP SEBAGAI ANAK ANGKAT ALLAH

    Kita “sebagai orang berdukacita, namun senantiasa sukacita, sebagai orang miskin namun memperkaya banyak orang, sebagai orang tak bermilik, sekalipun kami memiliki segala sesuatu.” --- 2 Korintus 6:10

    SEWAKTU KITA dibaptis, seluruh penghuni surga bergembira. Kita dilahirkan dari atas, kita lahir kembali (Yoh 3:3,5). Kita menjadi anak-anak angkat Allah. Dan tubuh kita lalu dijadikan Bait Roh Kudus (1 Kor 6:19). Kita menjadi “bangsa yang terpilih, imamat rajani dan bangsa yang kudus” (1 Ptr 2:9). Tritunggal Mahakudus tinggal dalam diri kita dan kita dalam Dia.

    Dalam hidup baru rajani keluarga Allah, kita merupakan ancaman bagi iblis. Ia tentu akan membalas dendam dengan mendatangkan pelbagai ‘cobaan, kesukaran, kesusahan, pukulan dan penjara serta huru-hara” (2 Kor 6:4-5). Tetapi itu semua baru permulaan. Akan ada juga “kerja keras, malam tanpa tidur dan berpuasa” (2 Kor 6:5). Kemudian akan ada penganiayaan dan bagi sedikit yang terpilih mendapat hak istimewa menjadi martir.

    Hidup dalam Kristus itu ganas tetapi juga penuh sukacita (1 Ptr 1:8), di samping sangat menyakitkan, semuanya dalam waktu yang sama. “Ini sangat menakutkan dan mengagumkan, “ngeri benar, kalau jatuh ke tangan Allah yang hidup” (Ibr 10:31). Dia itu ‘api yang menghanguskan” (Ibr 12:29). Hidup tanpa Kristus adalah hidup yang sia-sia (1 Ptr 4:3). Hidup dalam Kristus adalah hidup yang berkelimpahan (Yoh 10:10).

    Tiap tahun kita memperbaharui Janji Baptis kita. Semoga tidak merupakan seremonial belaka. Maka punyakah kita nyali untuk bertekad memperbaharuinya? Kalau ya, siap-siap masuk ke dalam misteri hidup dan kasih Kristus.

    Siap-siap dengan pertobatan, dengan pembarauan janji Baptis kita, Tahbisan bagi para imam dan Janji Pernikahan bagi yang berkeluarga. Percayalah: Hidup tak akan menjadi sama.

    Doa: Bapa berilah daku keberanian untuk menghayati hidup dalam kasih Kristus yang penuh sukacita.

    Janji: “Tetapi Aku berkata kepadamu:  Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu!” --- Matius 5:39

    Pujian: Hari ini kita peringati Santo Romualdus. Oleh rahmat Allah ia dibebaskan dari pergumulan batin dan pergumulan lahiriah.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/