• Renungan Harian - Jumat, 23 Juni 2017

    Jumat, 23 Juni 2017

    HR Hati Kudus Yesus Yang Maha Kudus

    Ulangan 7:6-11

    Mazmur 103:1-4,6-8,10

    1 Yohanes 4:7-16

    Matius 11:25-30

    PENYEMBUH HATI YANG PATAH SEMANGAT

    “Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita.” --- 1 Yohanes 4:16

    DI TIAP JUM’AT pertama, gereja paroki di kota penuh umat yang merayakan Ekaristi pukul 6.00, 12.00 dan 18.00 menghormati Hati Kudus Yesus. Yang datang hadir dalam Misa baik umat paroki setempat maupun karyawan-karyawati dari kantor-kantor yang berdekatan Gereja, khususnya pada Misa siang hari.

    Ada kisah. Jelang Jum’at pertama bulan lalu, saya dipanggil ke Rumah Sakit, kunjungi pasien yang ‘terminal’ yang nunggu saat nafas terakhir. Dokter sudah memberi tahu kepada keluarga agar datang dan berada di samping tempat tidur dan mendoakannya. Pasien itu telah menerima Sakramen Perminyakan Suci dan dari nafasnya ada kesan kuat hidupnya tinggal sebentar lagi tak ada satu jam. Sewaktu istri saya dekati dan meneguhkannya, ia mengatakan bahwa ia berharap meninggal besok pagi di hari pesta Hati Kudus. Itu yang menjadi jaminannya. Betul suaminya meninggal, tidak di Kamis sore itu, tetapi di hari pesta Hati Kudus, hari berikutnya.

    Sesuatu yang luar biasa dari gambar Hati Kudus yang mengandung nubuatan. Orang-orang yang letih lesu dan berbeban berat datang mendekat pada Hati Kudus Yesus. Mereka memperoleh kedamaian (Mat 11:28). Orang yang berada dalam sakratul maut dan orang yang baru barkabung datang kepada Hati Kudus Yesus, mereka memperoleh jaminan dan hiburan. Orang yang patah hati dan merasa ditolak, melihat Hati Kudus Yesus, mereka memiliki harapan.

    Perayaan Hati Kudus Yesus hari ini, dalam Pekan sesudah pesta Tubuh dan Darah Yesus, mengajak kita untuk mempersembahkan semua aspek hidup kita kepada Hati Kudus Yesus. Mari kita sambut kasih Allah yang luar biasa lebih dari saat-saat sebelumnya. Persembahan diri itu kita iringi dengan doa “Ya Yesus, yang rendah hati, dalam kebaikan hati-Mu buatlah hatiku seperti Hati-Mu!” (Mat 11:29). “Hati Kudus Yesus, Engkaulah andalanku!”

    Doa: Bapa, aku turuti bimbingan Santo Yohanes Paulus II dalam merayakan pesta Hati Kudus ini, dengan mendoakan semua pastor agar mereka menjadi kudus, sebagai Engkau kudus adanya.

    Janji: “Karena Tuhan mengasihi kamu dan memegang sumpah-Nya yang telah diikrarkan-Nya kepada nenek-moyangmu, maka Tuhan akan membawa kamu keluar dengan tangan-Nya yang kuat dan menebus engkau dari rumah perbudakan” --- Ulangan 7:8

    Pujian: Devosi kepada Hati Kudus Yesus yang kita ungkapkan dalam Misa Jum’at pertama tiap bulan, diperkenalkan dan dipromosikan oleh Sr. Margareta Maria Alacoque di abad ke-17.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/