• Renungan Harian - Rabu, 28 Juni 2017

    Rabu, 28 Juni 2017

    St. Ireneus, UskMrt

    Kejadian 15:1-12,17-18

    Mazmur 105:1-9

    Matius 7:15-20

    JANJI ALLAH – JANJI BAPTIS KITA

    “Datanglah firman Tuhan kepada Abram dalam suatu penglihatan: ’Janganlah takut, Abram!” --- Kejadian 15:1

    JANGAN TAKUT (Kej 15:1;20:24). Beberapa kali kalimat itu dikatakan dalam Perjanjian Lama oleh Allah kepada umat-Nya. Kata-kata itu mengandung ‘janji’ --- janji Allah menyertai umat-Nya. Kata ‘jangan takut’ juga dikatakan oleh malaikat baik kepada Yusuf (Mat 1:20), dan kepada Zakharia (Luk 1:13). Jelasnya kalau kita menuruti rasa takut dan menolak sabda Allah, boleh dikata kita itu menghalang-halangi karya Allah dalam hidup kita.

    ‘Janji’ -- ‘Perjanjian’ -- adalah lawan kata dari ‘takut’. ‘Perjanjian’ juga merupakan jaminan pemenuhan janji-janji Allah. Setelah Allah memerintah Abram agar tidak takut dan menjanjikannya ganjaran yang sangat agung (Kej 15:1), saat itulah Allah lalu mengadakan ‘perjanjian’ dengan Abram (Kej 15:18). Demikian juga Tuhan Yesus mengadakan ‘perjanjian agung’ dengan kita ‘dalam Darah-Nya (Mat 26:28), sewaktu Ia wafat di kayu salib untuk kita.

    Kita memasuki suatu ‘perjanjian’ sewaktu kita dibaptis ke dalam wafat-Nya (Rm 6:3). Maka dengan menghayati janji-janji Baptis kita, kita mengalahkan rasa takut dan memperoleh jaminan akan pemenuhan janji-janji Allah.

    Mari kita perbarui janji-janji Baptis kita dan ‘jangan takut!’ Mari kita berkati diri kita dengan air suci. Apa Allah janjikan dalam Baptis kita akan digenapi. Rayakan ulang tahun Baptis anda. Dan jangan takut! Kita dapat menghayati janji-janji Baptis kita dengan hidup bersama dalam suatu komunitas kecil. “Sebab itu insaflah dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu, bahwa tidak ada satupun dari segala yang baik yang telah dijanjikan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, tidak ada yang tidak dipenuhi. Semuanya telah digenapi bagimu. Tidak ada satupun yang tidak dipenuhi !” (Yosua 23:14).

    “Jangan takut!” “Sebab Kristus adalah “Ya” bagi semua janji Allah” (2 Kor 1:20). Puji Tuhan, kita telah dibaptis dalam Kristus. Alleluia.

    Doa: Bapa, utuslah Roh Kudus-Mu guna mengajar diriku agar selalu ingat akan Baptisku setiap hari dan memuji-Mu.

    Janji: “Setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka!” --- Matius 7:20

    Pujian: Kita peringati Santo Ireneus (140-202), Uskup di Lyon Perancis. Ia membela ajaran Gereja dan menegakkan kewibawaan Paus, serta memperjuangkan kesatuan Gereja Latin dan Yunani.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

     

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/