• Renungan Harian - Sabtu, 8 Juli 2017

    Sabtu, 8 Juli 2017

    Kejadian 27:1-5,15-19

    Mazmur 135:1-2,3-4,5-6

    Matius 9:14-17

    TANGGALKANLAH YANG LAMA, KENAKAN YANG BARU

    "Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya"  ----  Matius 9:17

    YESUS BERGELAR “Rabi” (Mrk 10:51; Yoh 20:16), yang berati “Guru”). Sebagai Guru tentu Yesus tahu benar bagaimana menyampaikan kehendak Bapa-Nya dalam banyak pengajaran, agar para pendengar memahami, apa itu kebenaran apa itu keselamatan secara baru. Yesuspun sadar betapa sulitnya membuat orang lain memahami pikiran-pikiran yang baru itu. Maka Yesus mengajara dengan menggunakan ‘perumpamaan’ atau gambaran.

    Dalam Injil hari ini, Yesus memakai gambaran yang tidak asing bagi orang Yahudi, dengan mengatakan "tak seorang pun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua”. Mengapa? Kalau secarik kain yang baru dan belum susut, bila kena air menjadi basah dan susut. Dan ini akan menarik dan merobek baju yang tua, sehingga robeknya malah semakin lebar.

    Perumpamaan Yesus, pada waktu itu ditujukan kepada orang-orang Yahudi yang lebih suka melihat segala sesuatu itu harus tetap sebagaimana adanya. Mereka tidak suka mengubah, menambah atau menguranginya, terutama yang terkait dengan kitab Taurat. Sikap keras hati seperti itu menutup datangnya kesempatan untuk ‘diselamatkan’. Bagaimana kita sendiri adanya pembaruan dalam Gereja dalam pelbagai bidang sejak Konsili Vatikan II? Ada ucapan “Ecclesia semper reformanda” yang berarti Gereja selalu diperbaharui! Istilah dan ungkapan iman dan ibadat bisa berubah meski hakikat makna tetap sama.  Kita sebagai umat Kristiani, dalam hidup ini ‘berkiblat kepada Kristus. Yesus “telah  meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya” (1 Ptr 2:21). Kita perlu membuka diri supaya dirubah menjadi serupa dengan Kristus. Itulah pola hidup baru sebagai murid Kristus.

    Bersediakah kita dirubah menjadi seperti Kristus, dengan menanggalkan pola dan gaya hidup lama kita, agar menjadi murid-Nya yang handal, tahan banting dan berdaya pikat? (PIPIN)

    Doa: Allah Bapa, bimbing dan pimpinlah aku di dalam setiap perkataan dan perbuatanku agar sesuai dengan ajaran tentang kebenaran yang Engkau berikan. Semoga cara hidupku sepanjang hari sesuai dengan semangat pribadi Yesus Kristus. Amin

    Janji: “Terkutuklah orang yang memperkosa hak orang asing, anak yatim dan janda . Seluruh bangsa itu haruslah berkata Amin!” --- Kejadian 27:19

    Pujian: Dalam Buku Kisah Orang Kudus, meski tidak wajib dirayakan, tanggal 8 Juli ini dikenang S. Adrianus. Hanya satu tahun menjabat Paus (884-885). Waktu itu kota Roma dilanda kelaparan besar-besaran. Adrianus berusaha keras meringankan derita penduduk Roma.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/