• Renungan Harian - Selasa, 11 Juli 2017

    Selasa, 11 Juli 2017

    St. Benediktus

    Kejadian 32:22-32

    Mazmur 17:1,2-3,6-7,8b,15

    Matius 9:32-38

    TEMAN SEKERJA YESUS

    “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu" ----  Matius 9:37-38

    MENGERJAKAN PEKERJAAN  bersama-sama dengan teman sangatlah menyenangkan. Selain pekerjaan menjadi lebih cepat selesai, ada rasa kepercayaan yang terbangun dari masing-masing orang saat mengerjakan pekerjaan itu. Di kompleks perumahan tempat saya tinggal biasanya pada hari Minggu ke-3 setiap bulannya kami melakukan kerja-bakti membersihkan fasilitas umum yang ada di kompleks. Setelah membersihkan pekarangan rumah masing-masing lalu kami berkumpul di balai RW untuk mendengarkan pengarahan ketua RW, apa yang harus kita kerjakan bersama. Setelah semua tugas kerja bakti selesai kami berkumpul kembali di balai RW untuk makan siang bersama. Makanan sederhana itu hasil usaha ibu-ibu, yang bekerja bersama mempersiapkan santap siang bagi suami-suaminya. Kita merasa  sangat nikmat, hasilnya  “lingkungan bersih, perut kenyang dan hati senang”.

    Bacaan Injil hari ini menggambarkan Yesus sedang melakukan kegiatan seperti biasa, menyembuhkan orang sakit, mengusir roh jahat dan berkeliling mengajar. Saat Yesus melihat bahwa begitu banyak orang yang perlu dibantu, padahal Ia tidak selamanya ada bersama-sama mereka, maka Ia berkata: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu" (Mat 9:37-38). Hal ini menunjukkan bahwa pekerjaan yang harus Yesus lakukan di dunia ini masih banyak tetapi sedikit  orang yang mau peduli dan mau membantuNya. Sabda Yesus itu mengajak setiap kita yang percaya dan tergerak, untuk ikut serta menjadi teman sekerja-Nya mengembalakan, menyembuhkan dan membebaskan sesama dari kuasa pengaruh jahat, serta mewartakan Kabar Gembira  agar Kerajaan Allah dapat terwujud di bumi seperti di surga. Paulus menyebut orang-orang yang menemaninya dalam pewartaan, sebagai “teman sekerja (Flp 2;:25) , atau “temanku sekerja untuk Kerajaan Allah” ( Kol 4:11).

    Marilah kita menjadi teman sekerja Tuhan. (STEV)

    Doa: Bapa, kami ingin menjadi pekerja-pekerjaMu, utuslah kami .

    Janji: Setelah setan itu diusir,  dapatlah orang bisa itu berkata-kata. Maka heranlah orang banyak, katanya, “Yang demikian belum pernah dilihat orang di Israel,” ---  Matius 9: 33

    Pujian: St. Theresa dari Calcuta, engkau menyerahkan dirimu untuk menjadi teman sekerja Allah yang luar biasa. Kami ingin dan mau meneladanimu.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/