• Renungan Harian - Kamis, 20 Juli 2017

    Kamis, 20 Juli 2017

    Keluaran 3:13-20

    Mazmur 105:1,5,8-9, 24-25, 26-27

    Matius 11:28-30

    BERBEBAN?  MENGASOLAH – ISTIRAHATLAH!

    Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” --- Matius 11:28

    DAPATKAN KITA membayangkan diri datang kepada Yesus dengan membawa beban yang berat dan besar? Yesus tentu mengambil beban berat itu dari pundak kita (Mzm 81:7). Sebelum kita bisa mengucapkan terima kasih kepada-Nya dan pergi, ternyata Yesus telah menurunkan beban yang ada pada pundak-Nya yang jauh lebih besar dan menaruhkannya pada bahu kita. Dan sekarang kita mendapat beban yang lebih banyak dari sebelumnya. Mengapa? Meski nampaknya beban dari Yesus itu besar dan banyak, ternyata ringan (Mat 11:30). Itulah beban dari Yesus. Sebenarnya Yesus-lah yang menanggung beratnya beban itu. Boleh dikata kita-kita ini seperti Simon dari Kirene membantu Yesus memanggul salib-Nya (Luk 23:26). Kita ikut memanggul salib-Nya. Kita istirahat dan diteguhkan sewaktu kita memanggul salib. Akhirnya kita akan sampai ke kesadaran bahwa sebenarnya tak ada yang dapat kita banggakan selain Salib Yesus (Gal 6:14).

    Selama hidup di bumi ini, kita akan selalu mempunyai beban dan tak dapat kita turun atau alihkan. Malahan kita akan ditambah beban dari Yesus, yakni salib. Kalau kita pura-pura bisa menurunkan beban kita itu, hidup ini malah tambah berat. Maksudnya kita mau meringankan ternyata malah memperberat. Bagi kita, beban paling berat adalah salib. Tetapi justru malah merupakan beban teringan karena Yesus-lah yang menanggung beban itu. Kita berusaha memanggul salib itu. Dan dengan demikian kita akan masuk ke ‘tempat peristirahatan-Nya’ (Ibr 4:11).

    Yuk, ambil, angkat dan panggul salib kita sehari-hari! Kita akan memperoleh rasa ringan, rasa seperti kita boleh beristirahat dalam hidup di bumi ini.

    Doa: Bapa, berilah daku istirahat baik dalam hidup di bumi ini maupun nanti di surga.

    Janji: “Aku sudah mengindahkan kamu, juga apa yang dilakukan kepadamu di Mesir.” – Keluaran 3:16

    Pujian: Kita peringati hari ini S. Appoliaris, seorang uskup Ravenna Italia yang ditunjuk sendiri oleh S. Petrus. Empat kali ia disiksa oleh orang-orang yang belum menerima Yesus, akhirnya dibunuh (67/68). Banyak sekali mukjizat terjadi yang dinyatakan berkat perantaraannya.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/