• Renungan Harian - Rabu, 26 Juli 2017

    Rabu, 26 Juli 2017

    St. Yoakim & Ana, Orangtua SP Maria

    Sirakh 44:1,10-15

    Mazmur 132:11,13-14,17-18

    Matius 13:16-17

    DUNIA PERTANIAN

    "Adalah seorang penabur keluar untuk menabur.” --- Matius 13:4

    SALAH SATU tema pokok ajaran Yesus ialah mengenai Kerajaan Allah. Dalam hal ini,  ajaran guna menerangkan apa itu Kerajaan Allah, Yesus menggunakan hal-hal yang berhubungan dengan ‘dunia pertanian’. Ada 42-an perumpamaan dan 10 di antaranya, perumpamaan yang bersinggungan dengan ‘dunia pertanian.’ Antara lain, bacaan Injil hari ini.

    Kerajaan Allah itu digambarkan sebagai ‘membuka lahan’. Lahan itu bisa berujud batu-batuan, ‘pinggiran jalan – tempat yang dilalui orang jalan kaki’ (Mat 13:4-5). Dalam budaya maut ini,  membuka lahan ini adalah suatu pekerjaan yang berat. Kita bisa membuka lahan dari padas batu-batuan yang keras, membuka hati yang keras mematuhi Tuhan. Sering juga Yesus mengajak kita untuk berdoa, berpuasa, bernubuat dan siap menderita yang membawa keselamatan. Itu beberapa cara dasar, dengan mana Tuhan mengajak kita untuk ikut bergabung dalam ‘membuka lahan’.

    Tidak hanya membuka lahan, Kerajaan Allah juga mencakup membersihkan lahan dari semak-semak berduri, yakni segala keinginan duniawi yang menghambat tumbuh berkembangnya diri kita di dalam Tuhan (Mat 13:7). Kita bisa membersihkan lahan itu dengan bertobat dari berkompromi kita dengan pola dan cara-cara duniawi (Mat 13:22) Dengan cara demikian, sebenarnya kita menyalib ‘kedagingan kita dengan segala nafsu dan keinginan (Gal 5:24). Dan demikian kita lalu dapat membantu  sesama untuk berbuat demikian.

    Dalam Kerajaan Allah itu, kita bekerja tak hanya dengan jenis dan keadaan lahan, tetapi juga kita bekerja dengan buah-buah. Kita mampu untuk melipatgandakan hasil buah sampai tiga puluh malah seratus kali lipat (Mat 13:8). Kita juga lalu bisa membantu sesama kita untuk berbuat demikian dengan membiarkan diri dibimbing oleh Roh Kudus sepenuhnya (Gal 5:22-23,25).

    Mari jadi pengolah tanah bagi Yesus! Membuka lahan, membersihkan lahan dan menghasilkan buah yang  berlimpah!

    Doa: Bapa, perkenanklan aku ikut bekerja di ladang-Mu!

    Janji: “Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu” --- Keluaran 16:4

    Pujian: Pasutri Yoakhim dan Anna, orang tua Bunda Maria. Keduanya mempersembahkan puterinya itu kepada Allah. Dan Allah memberkatinya menjadi yang wanita terberkati di antara semua wanita.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/