• Renungan Harian - Senin, 14 Agustus 2017

    Senin, 14 Agustus 2017

    St. Maximilianus Maria Kolbe, Mrt

    Ulangan 10:12-22

    Mazmur 147:12-15,19-20

    Matius 17:22-27

    HAK DAN KEWAJIBAN

    “Ambillah itu dan bayarkanlah kepada mereka, bagiKu dan bagimu juga” ---  Matius 17:27

    MANA YANG LEBIH dahulu “Hak” atau “Kewajiban”. Setiap orang mempunyai kewajiban. Untuk dapat melaksanakan kewajiban, kita membutuhkan hak-hak. Tetapi dalam kenyataan hidup sehari-hari, yang kita dengar orang berteriak menuntut hak kita entah sebagai istri, sebagai suami, anak, anggota suatu komunitas, pekerja, bahkan hak kita sebagai warga Negara. Tetapi sering kali kita lupa akan kewajiban pokok dan tanggung jawab yang ikut terkandung juga di dalamnya. Hak memang sesuatu yang layak diterima oleh setiap manusia, tetapi hak selalu beriringan dengan adanya kewajiban dan tanggung jawab.

    Pada Injil Matius di atas, jelaslah bahwa kewajiban dalam membayar pajak sudah terjadi sejak zaman dulu, di sinilah luar biasanya Yesus yang begitu rendah hati telah memberikan teladan yang sangat berharga dalam soal kewajiban dan tanggung jawab, Ia tidak menghindar walaupun membayar bea Bait Allah adalah bukan kewajiban Yesus. Karena Yesus tidak mau menjadi batu sandungan untuk pihak lain melainkan tetap menjadi berkat untuk sesama, maka Ia lakukan kewajiban membayar pajak. Yesus mengajarkan supaya kita tetap melakukan apa yang menjadi kewajiban kita, Ia menunjukkan kepatuhanNya kepada peraturan yang berlaku pada saat itu.

    Marilah mulai menjalankan kewajiban dan tanggung jawab kita dalam perutusan kita mewartakan Injil dan melayani Umat dengan lebih baik. Untuk itu kita memiliki hak untuk memohon Roh Kudus guna membantu dan memapukan kita. (Iras)

    Doa: Bapa, kami sering mengutamakan hak, padahal kami juga sering lalai dalam melaksanakan kewajiban kami. Ampunilah kami Tuhan.

    Janji: “Apakah yang dimintakan dari padamu oleh Tuhan, Allahmu, selain takut akan Tuhan, Allahmu, hidup hidup menurut segala jalan yang ditunjukan-Nya, Mengasihi Dia, beribadah kepada Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu” --- Ulangan 10:12

    Pujian: John F. Kennedy, Presiden USA, yang ditembak, mengajarkan kepada kita untuk melihat kewajiban yang perlu kita lakukan, di atas hak, yang akan diberikan kepada kita.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

     

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/