• Renungan Harian - Selasa, 15 Agustus 2017

    Selasa, 15 Agustus 2017

    Ulangan 31:1-8

    MT Ulangan 32:3-4a,7-9,12

    Matius 18:1-5,10,12-14

    SIAPAKAH YANG TERBESAR

    “Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga.” --- Matius 18:4

    ALLAH BAPA sangat mengasihi kita semua. Bahkan karena begitu besar kasih-Nya kepada kita, Allah telah mengutus Yesus Putera-Nya yang tunggal ke dunia. Yesus, Allah Putera, yang diutus Bapa, lahir sebagai manusia, menderita sengsara sampai wafat di kayu salib untuk menebus dosa manusia, yakni kita semua. Ini semua dilakukan supaya relasi Allah dan manusia pulih kembali.

    Allah hanya menginginkan kita untuk mengalami dan melakukan pertobatan. Pertobatan bukan sekedar tindakan yang menunjukkan kesedihan atau penyesalan, melainkan perubahan sikap dan perilaku yang menyeluruh atau ‘metanoia’. Pertobatan berarti berbalik sama sekali dari segala sesuatu yang berdosa dan perpaling kepada Allah serta melakukan perbuatan-perbuatan yang benar.

    Kita diminta untuk bertobat seperti anak kecil, supaya dapat masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Anak kecil bersifat polos, jujur, tidak menutup-nutupi, tulus, dan berani mengakui kesalahannya dan mudah rukun kembali. Allah tidak pernah meninggalkan kita. Dia selalu memberikan kesempatan kepada kita untuk kembali kepada-Nya. Dia selalu memanggil dan mencari kita, seperti seorang Gembala akan mencari seekor dombanya yang tersesat sampai ketemu. Meski hanya seekor yang sesat, tetap Tuhan akan mencari dan menyelamatkan kita. Dan ketika domba itu ditemukan, maka sukacitanya begitu besar. Dan kitapun diutus menjadi ‘gembala-gembala’, dengan memperhatian serta peduli akan sesama kita. (Adrianto)

    Doa: Ya Bapa, kami mohon mampukanlah kami untuk bertobat dan menjadi seperti anak kecil supaya boleh masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

    Janji: “Bapa di Sorga tidak menghendaki supaya seorang pun dari anak-anak ini hilang” --- Matius 18:14

    Pujian: Santo Paulus, seorang rasul pewarta Injil yang luar biasa. Ia telah melakukan banyak pekerjaan besar, selain memperkenalkan Yesus Kristus dengan kotbah dan kehadirannya khususnya kepada masyarakat di Asia Kecil, ia juga memberi petuah serta ajarannya, yang diabadikan dalam surat-suratnya yang sangat berharga bagi kita semua.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/