• Renungan Harian - Rabu, 30 Agustus 2017

    Rabu, 30 Agustus 2017

    1 Tesalonika 2:9-13

    Mazmur 139:7-12

    Matius 23:27-32

    MEMUJI DAN MENASEHATI

    “Kami ... telah menasehati kamu dan menguatkan hatimu ... dan meminta dengan sangat, supaya kamu hidup sesuai dengan kehendak Allah!” --- 1 Tesalonika 2:11-12

    DALAM BAB pertama dalam suratnya kepada Tesalonika yang pertama memuji jerih payah dan kesetiaan umat di Tesalonika dalam berpegang teguh pada iman. Dan selanjutnya Paulus lalu mengungkapkan tegurannya secara halus dalam bentuk nasehat kepada mereka, yakni dalam hal-hal yang kurang sesuai dengan pewartaan Injil. Dengan jelas Paulus mengungkapkan hal itu atas dasar kasih, yakni kasih seorang bapa kepada anaknya tersayang. Paulus mengajar sekaligus memberi contoh bagaimana menegur atas dasar kasih, bukan atas dasar maksud lainnya.

    Dalam Injil, dengan terang-terangan Yesus mengecam perilaku para ahli Taurat dan kaum Farisi, yang hanya mencari hal-hal luaran atau kulitnya dalam penghayatan agama, bukan isi pokok dari peraturan agama. Bagi orang Farisi dan ahli Taurat mengira bahwa cukuplah mematuhi hal-hal lahiriah saja, dan ini sudah membawa ke keselamatan. Itulah yang disebut ‘munafik’ oleh Yesus. Dan perbuatan ‘munafik’ itu sangat mencelakakan.

    Bagaimana penghayatan agama kita sendiri? Hanya penuh pura-pura biar dinilai orang kita suci? Bukan penilaian dari Tuhan yang kita harapkan? Terbukakah diri kita akan teguran dan akan nasehat dari orang lain? Atau malahan marah-marah dan kesal hati?

    Doa: Ya Allah, berilah diriku keberanian untuk menegur dan menasehati sesama. Tetapi bersamaan ini juga, berilah hati terbuka untuk nasehat dari sesamaku.

    Janji: “Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ... jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana” --- Mazmur 139:7-8

    Pujian: Di awal belajar hidup rohani, para biarawan-biarawati diajari untuk memberi correctio fraternalis’, yakni memberikan masukan berupa nasehat kepada sesama biarawan-wati yang memintanya.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/