• Renungan Harian - Kamis, 31 Agustus 2017

    Kamis, 31 Agustus 2017

    1 Tesalonika 3:7-13

    Mazmur 90:3-4,12-14,17

    Matius 24:42-51

    SIAP SIAGA

    “Berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.” --- Matius 24:42

    BAB 24-25, Injil Matius memuat Kotbah Yesus tentang Akhir Zaman. Ada umat yang mengira bahwa kata-kata Yesus, dalam Injil Ini, hanya diterapkan pada saat-saat akhir hidup kita nanti, bila Allah datang menjemput kita dan membawa ke sukacita kebangkitan. Tentu saja, sebagai umat Kristus, kita ingin sekali selalu siap siaga untuk saat itu.

    Tetapi beberapa kali, malahan berulang kali, Allah datang mengunjungi kita, dan Tuhan mewahyukan kasih-Nya dalam kehidupan kita sehari-hari. Bila telepon berdering dari teman yang tiba-tiba dan tak diharapkan, kita merasa hadirnya Allah dalam hati kita. Bila ada musik ataupun nyanyian yang indah, semua itu mewahyukan kasih Allah kepada kita. Dalam hal ini, kita sendiri bisa membuat daftar panjang peristiwa-peristiwa yang mewahyukan kasih Allah itu kepada kita. Yang kurang kita sadari ialah peristiwa itu semua sebenarnya mengajak kita untuk selalu dan terus berjaga-jaga dan siap sedia akan datangnya Tuhan dengan cara-cara itu dalam hidup kita sehari-hari.

    Hidup kita penuh dengan karunia dan anugerah berlimpah. Tetapi bisa saja kita tak menyadari dan menerima itu semua kalau kita terus tertidur dan tidak bisa menyaksikan apa yang dianugerahkan hidup kepada kita.

    Oleh karena itu Yesus mengingatkan kita untuk selalu berjaga. Bila kita terlena akan pemberian dan anugerah itu, kita juga terlena akan kehadiran Allah yang penuh kasih, yang menganugerahkan karunia-karunia itu semua.

    Doa: Tuhan, buat diriku selalu berjaga akan cara-cara-Mu mewahyukan Diri kepadaku dalam hidupku sehari-hari.

    Janji: "Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya?” --- Matius 24:45

    Pujian: Doa Malam dari Ibadat Harian mengingatkan kita bahwa kita tetap harus berjaga meski kita terasa setengah  tidur.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/