• Renungan Harian - Kamis, 7 September 2017

    Kamis, 7 September 2017

    Kolose 1:9-14

    Mazmur 98:2-6

    Lukas 5:1-11

    TAAT WALAUPUN LELAH DAN KECEWA

    “Tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga.” --- Lukas 5:5

    SAAT ITU Simon sedang mengalami kelelahan dan kekecewaan karena sepanjang malam ia telah bekerja, tetapi ternyata tidak ada ikan yang berhasil ditangkapnya. Maka paginya sewaktu Yesus menjumpainya, menyuruhnya untuk kembali menangkap ikan ke tengah danau.  Sebenarnya ia enggan, apalagi saat itu hari sudah mulai siang, bukan waktu yang tepat untuk menangkap ikan.

    Awalnya Simon memang mengeluh, namun karena Yesus yang menyuruhnya maka ia melakukannya juga. Dan ternyata ketaatannya itu memberikan hasil yang luar biasa; Simon mengalami mukjizat. Ia dan teman-temannya berhasil menangkap banyak ikan, bahkan sangat banyak sekali. Kejadian ini membuat Simon bertobat dan namanya pun berubah menjadi Simon Petrus, Simon Si Batu Karang.

    Petrus telah menjadi manusia “baru”. Ia meninggalkan perannya, profesinya sebagai ‘penjala ikan’. Ia meninggalkan manusia “lama”nya. Hal inilah yang kemudian membuat Petrus dipercaya untuk melaksanakan tugas yang lebih besar yaitu menjadi “penjala manusia”.

    Sebagai pengikut Yesus Kristus, kita diminta untuk melaksanakan perintah-Nya tanpa ragu dan takut. Ketika Yesus menyuruh kita, Ia telah menyediakan segala sarana untuk memperlengkapi kita, sehingga ada istilah “Yesus tidak pernah berhutang”. Ketika kita setia melaksanakan perintah-Nya, Ia percaya. Dan Dia akan memberikan tugas  yang lebih besar lagi. Dan berkat-Nya bagi kita sedang menanti di ujung sana.  (Adrianto)

    Doa: Ya Bapa, kami mohon agar kami mampu melaksanakan perintah-Mu dengan penuh keyakinan dan keberanian.

    Janji: “Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih” --- Kolose 1:13

    Pujian: Petrus, walaupun pada awalnya engkau enggan mengikuti perintah Yesus, namun melaksanakannya juga sehingga mengalami mukjizat.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/