• Renungan Harian - Sabtu, 9 September 2017

    Sabtu, 9 September 2017

    St. Petrus Klaver, Im

    Kolose 1:21-23

    Mazmur 54:3-4,6,8

    Lukas 6:1-5

    ANAK MANUSIA ADALAH TUHAN ATAS HARI SABAT

    "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat." --- Lukas 6:5

    SABBAT -- HARI SUCI. Hari yang perlu dihormati dan dijaga kesuciannya. Baik di zaman Yesus maupun dan sekarang. Sepak terjang Yesus terus diamati oleh kaum Farisi. Yesus melanggar dan menabrak Hukum Sabbat, dalam pelayanan-Nya menyembuhkan orang-orang. Bagi orang Farisi, hari Sabat adalah hari saat Tuhan berhenti bekerja dari semua kegiatan atau pekerjaan. “Kuduskanlah hari Tuhan”, diartikan tidak bekerja sama sekali di hari Sabat termasuk ‘menyembuhkan orang.’

    Sesungguhnya aturan atau hukum yang dijalankan oleh orang Farisi, tidaklah salah karena hukum tersebut memang diberikan oleh Allah sendiri melalui hambanya nabi Musa. Yang menjadi masalah, ialah ‘pemahaman yang kurang tepat’, sehingga membuat mereka terjebak dan jatuh dalam kemunafikan. Mereka hanya melakukan penegakan aturan semata. Mereka tidak melihat hakekat yang sebenarnya dari aturan atau hukum itu.

    Hukum atau aturan itu dibuat dengan maksud agar hidup manusia menjadi lebih baik. Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering behadapan dengan aturan-aturan atau hukum. Pastinya semua aturan atau hukum tersebut dibuat dengan tujuan agar semua berjalan dengan baik atau kita hidup menjadi lebih baik, aman dan tertib.

    Dalam Injil hari ini, Yesus menegaskan bahwa harkat dan martabat manusia jauh lebih tinggi dari pada aturan atau hukum. Hukum boleh saja dikesampingkan apabila kita berhadapan dengan nilai-nilai kehidupan yang menyangkut banyak orang. Peraturan atau hukum seharusnya mengangkat dan menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan. Hukum atau aturan dibuat untuk manusia bukan sebaliknya. (Pieter)

    Doa: Ya Tuhan, mampukan aku menjadi seorang yang menjalankan hukum dan aturan yang sesuai dengan kehendak-Mu.

    Janji: “Sesungguhnya, Allah adalah penolongku; Tuhanlah yang menopang aku” --- Mazmur 54:6

    Pujian: Pak Basuki Tjahaja Poernama alias Ahok, selagi sebagai Gubernur DKI,  menghendaki agar semua hukum dan peraturan dilaksanakan dengan penuh, agar tidak ada orang ‘nakal’ yang dapat bermain demi kepentingan pribadinya sendiri dan merugikan rakyat.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/