• Renungan Harian - Rabu, 13 September 2017

    Rabu, 13 September 2017

    St. Yohanes Krisostomus, UskPujG

    Kolose 3:1-11

    Mazmur 145:2-3,10-13

    Lukas 6:20-26

    BERBAHAGIALAH

    “Berbahagialah, hai kamu yang miskin, karena kamulah yang empunya Kerajaan Allah.” --- Lukas 6:20

    KALAU KITA mendengar orang berkata “Berbahagialah...” yang terlintas di bayangan kita adalah hal-hal yang menyenangkan. Sebagai contoh ketika kita mengucapkan selamat berbahagia kepada pasangan pengantin baru, kepada teman yang baru melahirkan anak atau kepada keluarga muda yang baru menempati rumah baru. Kita mengucapkan itu kepada mereka, sebagai wujud kita ikut berbahagia bersama mereka.

    Betulkah itu yang juga dimaksudkan  kalau Yesus mengatakan “Berbahagialah...?”

    Dalam bacaan Injil Lukas hari ini, Yesus meminta para murid untuk berusaha bahagia juga dalam situasi yang tidak menyenangkan. Bukan kondisi atau keadaan sulit yang dapat membuat kita lupa akan Tuhan, justru sebaliknya. Dari pengalaman,  justru dalam kondisi baik-baik saja atau bahkan keadaan yang membahagiakan mudah bagi kita melupakan Tuhan. Dan bila dalam kesusahan, kita baru ingat akan Tuhan, untuk meminta bantuan-Nya.

    Tidak ada dalam ajaran-Nya, bahwa kita tidak boleh kaya, kenyang, tertawa dan mendapat puji-pujian orang (lih. Luk 6:24-26). Yang tidak dibenarkan ialah kalau keadaan bahagia itu kita jadikan tujuan. Kita perlu lebih dahulu mendahulukan mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya. Lain-lain, yakni apa yang kita butuhkan untuk hidup layak tentu ditambahkan kepada kita. Semuanya itu anugerah atau berkat Tuhan. Semua kita gunakan untuk memuliakan Tuhan bukan memuliakan diri kita.

    Marilah kita berterima-kasih kepada Tuhan Yesus yang telah mengingatkan sekaligus menghibur kita dalam pergumulan hidup sehari-hari untuk tetap berpengharapan kepada-Nya dan mencari kehendak-Nya. (Stev)

    Doa: Ya Tuhan Yesus, sadarkanlah kami untuk senantiasa mencintai Engkau lewat semua yang terjadi dalam hidup kami.

    Janji: "Besarlah TUHAN dan sangat terpuji, dan kebesaran-Nya tidak terduga" --- Mazmur 145:3

    Pujian: Hari ini kita peringati Santo Yohanes Krisostomus (= si Mulut Emas), mahir dalam berpidato dan berkotbah. Ia gunakan talentanya untuk menyampaikan ajaran Tuhan kepada umat-Nya. Ia jelaskan arti setiap teks Kitab Suci bagi kehidupan umat.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/