• Renungan Harian - Kamis, 14 September 2017

    Kamis, 14 September 2017

    Pesta Salib Suci

    Bilangan 21:4-9

    Mazmur 78:1-2.34-38

    Filipi 2:6-11

    Yohanes 3:13-17

    KRISTUS YANG DIMULIAKAN

    "Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan menganugerahkan kepada-Nya nama di atas segala nama.” --- Filipi 2:9

    KITA MENGUCAP syukur, karena memiliki Allah, yang setia dan penyayang serta pengampun. Puncak perhatian kasih sayang-Nya kepada kita umat manusia, ketika Allah berkenan  mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan memperoleh hidup yang kekal.

    Yesus yang adalah Tuhan, Anak Allah yang turun dari sorga, yang menjelma menjadi manusia, dan telah mengosongkan diri-Nya yang mengambil rupa seorang hamba dan menjadi sama seperti manusia. Ia, telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Salib adalah sarana penyelamatan bagi kita.

    Salib yang dipandang hina oleh orang Yahudi merupakan kemenangan dan kemuliaan bagi Yesus. Yesus ditinggikan dan dimuliakan melalui salib dan kebangkitan-Nya. Ada dua kali peninggian bagi Yesus. Yang pertama, pada saat Yesus diangkat atau ditinggikan di atas kayu salib. Dan yang kedua, Yesus yang diangkat atau ditinggikan ke dalam kemuliaan-Nya pada waktu Ia naik ke sorga. Kedua hal tersebut sangat erat hubungannya satu sama lain. Bagi Yesus salib adalah jalan menuju ke kemuliaan. Seandainya Yesus menolak salib, seandainya Yesus mengelak dan menghindari salib, maka tidak ada kemenangan dan kemuliaan. Dan tidak ada penebusan serta penyelamatkan bagi kita.

    Hal yang sama juga terjadi dengan kita. Kalau kita mau, kita dapat memilih jalan yang mudah, menolak salib yang harus kita pikul sebagai orang Kristiani. Kalau hal itu kita lakukan, maka kita pun kehilangan kemenangan dan kehidupan kekal. Untuk memperoleh kemenangan dan kemuliaan, kita harus mau memikul salib, meninggikan Yesus dengan datang dan percaya kepada-Nya, serta mengarahkan pikiran kepada-Nya. (Pipin)

    Doa: Terimakasih Tuhan Yesus atas segala pengorbanan yang telah Engkau lakukan bagi kami, semoga kami dapat hidup dalam kebenaran akan firman-Mu agar pengorbanan yang Engkau lakukan tidak menjadi sia-sia.

    Janji: “Begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” --- Yohanes 3:16

    Pujian: Dari sejarah, Salib Yesus yang ada di Yerusalem, ditemukan oleh Santa Helena, Ibu Kaisar Konstantinus. Sebuah Gereja didirikan di sana sebagai penghormatan terhadap Salib Tuhan. Gereja itu, meski sudah direnovasi, masih dapat kita lihat.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/