• Renungan Harian - Sabtu, 16 September 2017

    Sabtu, 16 September 2017

    St. Kornelius, Paus

    St. Siprianus, UskMrt

    1 Timotius 1:15-17

    Mazmur 113:1-7

    Lukas 6:43-49

    MACAM APA PERBENDAHARAAN KITA?

     “Karena tidak ada pohon yang baik yang menghasilkan buah yang tidak baik, dan juga tidak ada pohon yang tidak baik yang menghasilkan buah yang baik.” --- Lukas 6:43

    KALAU KITA ingin berternak atau menanam pohon buah-buahan, tentu kita memilih bibit yang baik, syukur bibit unggul. Kualitas buah tergantung pada bibitnya dan perawatannya. Bila berasal dari bibit unggul, berkualitas unggul pula buahnya. Yesus mengajar kita agar kita menjadi ‘pohon yang baik’. Dari tutur kata kita, tingkah laku dan sepak terjang kita, orang bisa menilai diri kita. Itu semua ‘buah-buah’ yang kita keluarkan dan perlihatkan. Maka tepat betul sabda Yesus, “Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya" (Luk 6:45).

    Tentu kita memilih memiliki “perbendaraan hati yang baik”, bukannya “yang jahat.”

    Lalu bagaimana kita dapat mempunyai “perbendaraan hati yang baik?”

    • Pertama, sebagaimana Yesus sendiri bersabda “mendengarkan sabda-Ku dan melakukannya”
    • Sekarang sabda dan ajaran Yesus ada dalam Kitab Suci dan diteruskan oleh Gereja. Maka, kita perlu membaca Kitab Suci. Bukan sekedar membaca, tetapi merenungkannya dan menanyakan pada diri kita, Yesus mau bersabda kepada kita pribadi lewat ayat-ayat itu.
    • Kita perlu hidup dalam Komunitas yang sehat, dalam lingkungan orang-orang yang saleh, yang mendorong kita untuk berbuat baik lewat pergaulan dan pelayanan kita.
    • Tentu kita perlu berdoa setiap hari, berkomunikasi secara pribadi dengan Yesus.
    • Kita selalu mau terbuka kepada orang lain. Segala saran dan nasehat demi kebaikan kita perlu selalu kita dengarkan serta camkan.
    • Sesering mungkin kita merayakan Sakramen-sakramen, khususnya Ekaristi; kita perlu mendapat santapan dari ‘meja sabda’ dan ‘meja perjamuan.’

    Mari kita mulai menerapkannya!

    Doa: Ya Yesus, karuniakanlah kasih-karunia-Mu kepadaku, supaya aku tidak hanya membaca sabda-sabda-Mu, melainkan melakukannya dalam hidupku sehari-hari. Amin.

    Janji: “Setiap pohon dikenal pada buahnya” --- Lukas 6:44

    Pujian: Paridi dengan membaca dan merenungkan bacaan Injil terkutip ini, ia mulai hati-hati dalam bicaranya.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/