• Renungan Harian - Rabu, 4 Oktober 2017


    Ditulis pada tanggal : Tuesday, 03 October 2017, 04:32 AM

    Renungan Harian - Rabu, 4 Oktober 2017

    Rabu, 4 Oktober 2017

    St. Fransiskus Assisi

    Nehemia 2:1-8

    Mazmur 137:1-5

    Lukas 9:57-62

    BIMBANG

    "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah." --- Lukas 9:62

    SAYA INGAT diajak teman-teman main “jalan api”. Peraturannya: berjalan diatas bara api tanpa alas kaki sambil menyebutkan sebanyak mungkin nama-nama negara, tumbuhan atau binatang sesuai kesepakatan. Barang siapa bisa menyebutkan nama terbanyak maka akan berhak memberi hukuman kepada siapa saja yang hanya menyebutkan sedikit.

    Awalnya, setelah bara api disiapkan di tanah tempat bermain, mulailah mereka bergantian berjalan di atas bara tersebut sambil menyebutkan nama negeri sebanyak-banyaknya. Karena bimbang, anak-anak bukannya menyebutkan nama-nama, tetapi sibuk mempercepat langkah supaya jangan tersengat panas bara api. Dan hasilnya paling banyak hanya menyebutkan tiga nama saja. 

    Sebenarnya untuk memenangkan permainan ini tidaklah sukar, cukup dengan yakin, tanpa ragu, jalan pelan-pelan di atas bara sehingga bisa menyebutkan nama-nama yang sudah disepakati sebanyak-banyaknya. Salah satu teman saya  langsung melakukannya tanpa ragu, dan benar saja teman saya itu berhasil menyebutkan 12 nama.

    Setelah permainan berakhir saya tanya ke teman saya itu apa telapak kakinya terbakar? Ternyata tidak. Karena bara api itu kalau diinjak dengan pasti tanpa ragu akan mati oleh karena keringat di telapak kaki. Kalau ragu menginjaknya maka akan ada udara yang justru menjaga bara itu tetap menyala dan akhirnya membakar telapak kaki.

    Hari ini Yesus mengajak kita untuk mengikuti Dia tanpa ragu dan bimbang. Tidak seperti dua orang dipanggil mengikuti-Nya dalam Injil, berdalih untuk menutupi kebimbangan mereka (Luk 9:59,61) Tetapi ada yang dipanggil Yesus dan menanggapinya ‘siap!’ Mereka termasuk murid-murid yang mengatakan akan mengikuti ke mana pun Yesus pergi (Luk 9:57). Yesus menginginkan agar kita percaya sepenuhnya dan mengikuti Dia tanpa ragu.

    Hari ini kita peringati Santo Fransiskus Assisi (1182-1226). Sewaktu masih muda mendengarkan panggilan Yesus. Tanpa bimbang ia menanggapinya. Ia memperbaharui Gereja dengan mendirikan Ordo Fransiskan. Tempat kelahirannya telah menjadi tempat kondang untuk peziarahan sampai saat ini. (Stev)

    Doa: Tuhan Yesus, bimbing kami untuk senantiasa setia mengikuti Engkau untuk melaksanakan kehendak-Mu.

    Janji: “Jika aku melupakan Engkau, hai Yerusalem, biarlah menjadi kering tangan kananku” ---Mzm 137:5

    Pujian: Pak Eko, Ketua Lingkungan, engkau sungguh mengandalkan Tuhan, sehingga tidak pernah ada bimbang-ragu dalam tugas dan tanggung jawabmu di dalam pelayanan di Lingkungan dan Paroki.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/