• Renungan Harian - Kamis, 19 Oktober 2017

    Kamis, 19 Oktober 2017

    St. Yohanes de Brebeuf, ImMrt

    St. Isaac Joques, ImMrt

    St. Paulus sk Salib, Im

    Roma 3:21-30

    Mazmur 130:1-6

    Lukas 11:47-54

    ADIL DAN BENAR

    ”Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.” --- Roma 3:25

    DALAM MASYARAKAT, orang mencari keadilan di pengadilan, karena bermasalah dengan sesama. Dari hasil sidang-sidang, Hakim memutuskan ‘membenarkan’ tuntutannya, atau menolaknya, tidak membenarkan tuntutannya. Adil dan Benar saling berkaitan. “Keadilan” dan “Kebenaran” dalam Kitab Suci, diartikan sama.

    • “Allah itu Hakim yang adil” (Mzm 7:12); “Tuhan itu adalah Allah yang adil” (Yer 30:18);
    • “Kebenaran Allah telah dinyatakan seperti yang disaksikan dalam Kitab taurat dan Kitab-kitab para nabi’ (Rm 3;21);
    • “Keadilan Allah” atau “Kebenaran Allah” -- terjadi -- “karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua yang percaya” (Rm 3:22);
    • “Oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma, karena penebusan dalam Kristus Yesus” (Rm 3:24).

    Setelah berdoa guna memahami ayat-ayat terkutip tentang hubungan adil dan benar, keadilan dan kebenaran, bisa saja kita memperdalamnya dalam buku Katekismus Gereja Katolik (KGK), yang menjelaskan apa itu ‘rahmat, ‘iman’  dan ‘keadilan (kebenaran)’ (KGK (rahmat) 1996-2005, (iman) 1814-1816 (keadilan) 1807 dan (pembenaran). Juga KGK 1987 (2018-2019). Iman adalah rahmat. Karena iman akan Allah kita dibenarkan oleh Tuhan Yesus Kristus dan memperoleh keadilan atau pembenaran. Dengan demikian kita diselamatkan.

    Tetapi pengertian ini disempurnakan oleh rasul Yakobus: “Kamu (harus) melihat (=memahami), bahwa manusia dibenarkan oleh perbuatan-perbuatannya, bukan hanya karena iman (saja)” (Yak 2:24).

    Doa: Bapa, jadikan diriku orang beriman yang bersikap dan bertindak adil. Bukan hanya adil saja, tetapi juga berbelas kasih.

    Janji: “Jiwaku mengharapkan Tuhan, lebih dari pada pengawal mengharapkan pagi” --- Mazmur 130:6

    Pujian: Meski tidak wajib, hari ini kita memperingat Santo Isak Jogues dan teman-temannya, yang menjadi martir di Kanada. Dengan gagah berani dia dan teman-teman menanggung derita penganiayaan, dan mereka tetap setia mewartakan Kabar Gembira Yesus kepada para penganiayanya.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/