• Renungan Harian - Kamis, 1 Februari 2018

    Kamis, 1 Februari 2018

    1 Raja-raja 2:1-4,10-12

    MT 1 Tawarikh 29:10-12

    Markus 6:7-13

    SENANTIASA MENGANDALKAN TUHAN

    “Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu dan Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya; dalam tangan-Mu-lah kekuatan dan kejayaan; dalam tangan-Mu-lah kuasa membesarkan dan mengokohkan segala-galanya.” --- 1 Tawarikh 29:12

    YESUS MENGUTUS para murid-Nya mewartakan Kabar Gembira Tuhan bagi semua orang. Dalam mewartakan, mereka diutus pergi berdua-dua, dengan tujuan untuk saling menguatkan atau saling menopang dan menjadi rekan yang handal dalam pelayanan. Para murid juga diberi kuasa oleh Yesus untuk menaklukkan segala roh jahat dan menyembuhkan orang yang sakit. Yang menarik dari pengutusan itu adalah Yesus berpesan atau meminta agar tidak membawa apa-apa, seperti kasut, pakaian, ataupun makanan. Ini bukan karena barang-barang itu tidak perlu tetapi Yesus ingin para murid-Nya fokus pada pelayanan dan bukan pada harta benda duniawi, karena Yesus yang adalah Tuhan yang akan memenuhi semua kebutuhan itu.

    Seperti para murid, Yesus mengutus kita untuk membawa Kabar Gembira atau Injil kepada semua orang di mana pun kita berada. Satu hal yang Yesus tuntut dari kita adalah iman yang teguh dan mengandalkan Dia dalam setiap pelayanan kita, bukan mengandalkan peralatan. Yesus tidak menghendaki kita sibuk dengan perbekalan kita, makanan, minuman dan lain-lain. Yang diperlukan adalah keyakinan serta iman akan penyelenggaraan dan bimbingan Allah. Yesus tidak menginginkan kita sibuk dengan hal-hal duniawi itu sehingga mengganggu pikiran dan fokus kita kepada pelayanan.

    Kita sering terlalu sibuk dengan apa yang kita hadapi di dalam hidup ini sehingga apa yang menjadi tugas utama kita yaitu sebagai pembawa kabar sukacita terabaikan. Harusnya kita sadari bahwa menjadi utusan Tuhan, yang harus kita lakukan adalah mengandalkan Tuhan sepenuhnya. Bukan menyibukkan diri dengan berbagai macam sarana duniawi.

    Ketika kita dengan hati yang tulus dan gembira menjalani perutusan Tuhan, Ia akan menambahkan segala sesuatu yang kita perlukan. Tetapi kalau kita mencari sesuatu hanya untuk memenuhi keinginan kita, rahmat Tuhan semakin jauh dari perutusan kita. (Pieter)

    Doa: Tuhan Yesus tuntunlah kami agar tetap setia pada perutusan-Mu dan senantiasa mengandalkan Engkau di dalam setiap pelayanan kami.

    Janji: “Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kau lakukan dan dalam segala yang kau tuju” --- 1 Raja raja 2:3

    Pujian: Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) telah mengubah Maria Goretti menjadi pribadi yang lebih mengenal Tuhan, pribadi yang mau mewartakan kabar baik. Ia lalu merasa ingin  membantu banyak orang seperti mendoakan orang-orang sakit, serta juga mengusir roh jahat. Dan dia mengalami sukacita yang luar biasa karena kuasa Tuhan ada di dalam dirinya dan teman-temannya.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

     

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/