• Renungan Harian - Senin, 5 Februari 2018

    Senin, 5 Februari 2018

    St. Agata, PrwMrt

    1 Raja-raja 8:1-7,9-13

    Mazmur 132:6-10

    Markus 6:53-56

    SEMUA INGIN SEMBUH

    “Maka berlari-larilah mereka ke seluruh daerah itu dan mulai mengusung orang-orang sakit di atas tilamnya kepada Yesus, di mana saja kabarnya Ia berada.” --- Markus 6:55

    TEMPAT PRAKTEK dokter yang terkenal, selalu dipenuhi dengan pasien, sehingga dokter-dokter itu praktek sampai lewat tengah malam. Hal yang sama juga terjadi bila ada kabar tabib, bahkan dukun juga, yang terkenal. Pasiennya berdatangan dari berbagai daerah, karena memang semua orang ingin mengalami kesembuhan.

    Hal ini terjadi juga pada zaman Yesus, orang-orang sakit diletakkan di pasar atau pinggir jalan dengan tujuan agar Yesus menyembuhkannya. Mereka semua tahu, bahwa Yesus adalah dokter di atas segala dokter; dengan menjamah-Nya saja maka orang akan menjadi sembuh (Mar 6:56b). Semua ingin sembuh, bila mungkin malah “ingin sembuh dengan segera”.

    Sebenarnya yang banyak dikejar orang itu hanyalah kesembuhan fisik, padahal masih ada dua hal lain yang lebih penting yang kesembuhan jiwa dan kesembuhan roh. Sakit fisik terkait dengan adanya organ tubuh yang sakit atau tidak berfungsi dengan baik. Sakit jiwa dengan pola pikir dan tingkah laku yang salah atau tidak logis; sedangkan sakit roh terjadi bila orang itu menjauhi Allah dan mencari kuasa-kuasa lain. Orang yang datang ke dukun itu artinya mencari kesembuhan fisik dengan mengorbankan roh dan jiwanya (pola pikirnya menjadi tidak logis, sehingga mau melakukan berbagai hal yang aneh), lebih percaya pada jimat dan orang yang dianggap ‘sakti’

    Kita sebenarnya sudah memiliki Tuhan Yesus, yang merupakan penguasa sorga dan bumi (Mat 28:18) Bagi Dia tidak ada yang mustahil; sehingga semua penyakit pun akan disembuhkannya.

    Jadi sebagai murid-Nya apakah kita perlu mencari kuasa-kuasa lain? Jelas tidak perlu. Yang perlu kita lakukan hanya ada tiga hal, yaitu (1) datang kepada-Nya, (2) dengan penuh iman dan kepercayaan, serta (3) berserah sepenuhnya. Tuhan Yesus akan memberikan solusi terbaik bagi kita, tetapi tentu saja terjadi seturut kehendak-Nya. Dia dapat menggunakan orang lain, seperti dokter, menggunakan obat-obatan yang diciptakan manusia, serta alat bantu lainnya untuk membuat kita sembuh.

    Dan perlu diingat kesembuhan dari Tuhan Yesus bukan hanya kesembuhan fisik, tetapi kita akan mengalami kesembuhan jiwa, dan roh kita. Jadi walaupun fisik kita tidak sembuh, tetapi jiwa atau roh kita bisa mengalami kesembuhan. Sehingga akhirnya kita pun akan mengalami keselamatan dan memperoleh hidup kekal bersama-Nya di Surga. (Dag)

    Doa: Tuhan Yesus, sembuhkanlah aku, manusia yang penuh kelemahan ini.

    Janji: “Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh” --- Markus 6:56b

    Pujian: Santo Peregrinus Laziosi dari Italia, hidup pada tengah abad ke-13, sebagai pelindung para penderita penyakit yang sulit untuk disembuhkan seperti Kanker, AIDS dan lain-lain. Ia dipakai Tuhan  menyembuhkan banyak penderita kanker.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/