• Renungan Harian - Rabu, 14 Februari 2018

    Rabu, 14 Februari 2018

    RABU ABU

    Pantang & Puasa

    Yoel 2:12-18

    Mazmur 51:3-6a,12-14,17

    2 Korintus 5:20--6:2

    Matius 6:1-6,16-18

    KASIH

    “Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.” --- 2 Korintus 5:21

    DI BEBERAPA KEUSKUPAN, Masa Pra-Paska dipakai Umat Katolik sebagai sebagai kesempatan untuk Retret Agung, dari Rabu Abu sampai dengan Paska. Retret memberi waktu longgar untuk ber-refleksi. Kita renungkan apa saja ajaran Yesus yang pokok, yang seharusnya kita lakukan, tetapi belum kita perhatikan. Sebagai contoh : isi pokok ajaran-Nya ialah “Kasih”.

    Ketika kasih yang menjadi fondasi segala perbuatan kita, maka kita akan melakukan segala hal dengan tulus ikhlas. Dan segala hal yang dilakukan dengan ketulusan pasti menghasilkan damai sejahtera Allah.

    Bacaan Injil hari ini mengkisahkan Yesus mengajarkan kita agar kita tidak mencari keuntungan diri sendiri dan bukan untuk dipuji oleh dunia. Baik dalam hal pelayanan, juga sewaktu kita menjalankan puasa kita. Sewaktu kita berderma dan melakukan segala kebaikan.

    Tuhan Yesus menyemangati kita untuk selalu mempertahankan kerendahan hati, ketulusan dan kerelaan hati (Mat. 6:4,6,18). Dan setiap kali kita melakukannya di dalam kehidupan sehari-hari ini, kita harus selalu memandang bahwa semuanya keberhasilan yang kita lakukan, atas berkat Allah itu, akan membawa kita kepada suatu kebangkitan, suatu kemenangan yang tak ternilai oleh dunia.

    Selamat memasuki awal Masa Pra-Paska. Selamat memulai Retret Agung dengan penuh rasa syukur dan kerelaaan hati. (Lisa)

    Doa: Tuhan Yesus, kuatkanlah kami untuk selalu melakukan segala hal yang berkenan di hadapan-Mu dengan penuh kasih.

    Janji: “Apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu” --- Matius 6:18

    Pujian: Pak Tarmidi, meski karena usia, sebenarnya ia telah bebas dari kewajiban berpuasa, tetapi ia tetap berpuasa dan berpantang serta berderma dalam Masa Pra-Paskah.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/