• Renungan Harian - Kamis, 15 Februari 2018

    Kamis, 15 Februari 2018

    Ulangan 30:15-2048:17-19

    Mazmur 1:1-4,6

    Lukas 9:22-25

    SANGKAL DIRI IKUT YESUS

    Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.” --- Lukas 9:23

    IKUT YESUS BERARTI menjadi Murid Yesus. Ini bukan suatu persoalan yang mudah. Yesus sendirilah yang bersabda bahwa setiap orang yang mau mengikuti-Nya harus menyangkal diri dan harus siap menghadapi segala rintangan atau tantangan bahkan kehilangan nyawanya sekalipun.

    Tetapi Yesus menjamin untuk setiap orang, siapapun yang rela kehilangan nyawanya untuk mengikuti Yesus, Dia akan menyelamatkannya. Yesus merupakan tokoh dan teladan bagi kita, Ia memikul salib demi keselamatan seluruh umat manusia yang dikasihi-Nya. Sebagai murid Yesus sudah seharusnya kita selalu memanggul salib di dalam kehidupan kita, ini merupakan ungkapan kasih kita kepada Allah secara nyata. Pengorbanan dan penderitaan kita, sekecil apa pun yang kita lakukan itu merupakan wujud nyata sebagai ungkapan kasih kita kepada Allah. Berbagai macam pengorbanan lain yang kita lakukan sebagai ungkapan kasih kita kepada Allah, misalnya kita rela berkorban untuk keluarga dan sesama kita yang membutuhkan uluran tangan kita, itulah salib kita.

    Sesungguhnya penderitaan selalu ada dalam setiap kehidupan kita. Tetapi kita cenderung melarikan diri dari setiap penderitaan yang kita hadapi bahkan kita ingin menghindarinya. Firman Tuhan sangat jelas, kita harus memikul penderitaan itu sebagai salib kita dan tetap mengikuti-Nya. Dan salib itu akan meringankan kita dan memampukan kita mengatasi masalah-masalah kita. Kita patut bersyukur kepada Tuhan karena Ia selalu menyadarkan kita terutama dalam hal mengikuti-Nya. Siapkah kita untuk menyangkal diri kita? Apakah kita siap memikul salib dalam hidup kita? Yesus berkata: apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi Ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri? (Pieter)

    Doa: Tuhan jadikanlah kami pengikut-Mu yang mampu untuk memikul salib di dalam hidup ini dan dengan setia belajar dari-Mu sendiri.

    Janji: “Sebab TUHAN mengenal jalan orang benar, tetapi jalan orang fasik menuju kebinasaan” --- Mazmur 1:6

    Pujian: St. Klaudius de la Colombiere, imam Yesuit yang rajin sebagai pendorong devosi kepada Hati Kudus Yesus. Ia telah meneguhkan, menghibur, serta mendorong mereka yang menderita dan tertindas, untuk melakukan devosi kepada Hati Kudus Yesus yang Maha Kudus.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/