• Renungan Harian - Selasa, 20 Februari 2018

    Selasa, 20 Februari 2018

    Yesaya 55:10-11

    Mazmur 34:4-7,16-19

    Matius 6:7-15

    JADILAH KEHENDAKMU!

    “Datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu, di bumi sepert di dalam surga.” --- Matius 6:10

    SALAH SATU BIMBINGAN dalam “Bina Iman Anak (BIA), khususnya mempersiapkan anak-anak menyambut komuni pertama. Untuk itu  anak-anak diajar doa “Bapa Kami.” Ada yang cepat hafal. Ada anak yang cukup lama bisa hafal. Cara mendoakannya, ada yang didoakan. Ada yang dinyanyikan seperti dalam Misa, waktu persiapan menyambut Hosti suci.

    Di Yerusalem-pun ada Gereja dengan nama Gereja “Bapa Kami”. Di situ pada dinding gallery, terdapat Doa “Bapa Kami’ dalam pelbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.

    Dalam suatu Doa Ekumenis, pernah juga diadakan Doa Bersama, yakni dengan  mengucapkan Doa yang diajarkan oleh Yesus ini Doa “Bapa Kami”. Tiap bait satu orang mengucapkannya dengan latar belakang dentingan guitar. Sangat-sangat indah dan mengesan dalam hati.

    Doa Bapa Kami ini dipakai juga oleh umat kita, kalau dalam doa spontan; nampaknya sudah kehabisan mau doa apa lagi, lalu dia katakan ‘mari kita akhiri dengan Doa yang Yesus ajarkan sendiri’ -- Doa Bapa Kami. Juga kalau orang yang mejaga saudaranya di rumah sakit sudah dalam keadaan kristis, sanak saudaranya melakukan doa Bapa Kami, dengan mengucapkannya perlahan, kata demi kata, di dekat telinga saudara yang dalam keadaan mau menghadap Tuhan. Dan bagi keluarga yang mendapingi, mereka terus menerus mengucapkan kata-kata “Jadilah kehendak-Mu” pada diri sendiri. Itu saatnya keluarga menyerahkan secara total saudaranya kepada Bapa yang Maharahim, asal usul kehidupan kita.

    Doa “terjadilah kehendak-Mu” dirasakan sebagai doa yang memberi kekuatan dan menuntun ke arah rasa damai yang mendalam, dan perlahan kepercayaan dan penyerahan kepada kehendak Allah semakin besar.

    Itulah hiburan yang Allah Bapa berikan kepada kita tanpa henti kepada kita semua.

    Doa: Ya Bapa, terjadilah kehendak-Mu!”

    Janji: “Firman-Ku, yang keluar dari mulut-Ku, ... akan melaksanakan apa yang Kukehendaki; dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya” --- Yesaya 55:11

    Pujian: Hartarto, salah Ketua Lingkungan di Paroki, bingung mau berbuat apa dan apa yang harus ia putuskan dalam menghadapi masalah dalam keluarga di Lingkungannya. Ia mohon Roh Kudus agar menerangi guna mengenal kehendak Bapa. Ia kumpulkan teman-teman di Lingkungan dan doa bersama. Di situlah ada nubuatan dari salah satu anggota yang ikut berdoa Syafaat, apa yang hendaknya dilakukan oleh Ketua Lingkungan.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2018 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/