• Tujuan Pokok Dari Pembaruan Karismatik


    Ditulis pada tanggal : Friday, 08 March 2013, 01:54 PM

    2 Februari 2008

    Tujuan pokok dari Pembaruan Karismatik Katolik adalah :

    • Menolong orang-orang Katolik mengalami suatu Baptisan dalam Roh Kudus . 

    • Dengan istilah ini dimaksudkan pengalaman pribadi rahmat pemuridan Kristus, yaitu kasih yang berkobar dan komitmen yang besar kepada Yesus sebagai Juru Selamat dan Tuhan pribadinya, kepercayaan seperti anak-anak kepada Allah Bapa, suatu keterbukaan terhadap bimbingan dan kanmia-karunia Roh Kudus dan komitmen yang hangat kepada Tubuh Kristus, yaitu Gereja. 

    • Menolong orang-orang Katolik memahami dan memperguna- kan karunia-karunia karismatis, yang merupakan sumber kekuatan bagi orang-orang Kristiani dalam melaksanakan tugas perutusan mereka dan dalam perjalanan mereka menuju kekudusan. 

    • Menolong orang-orang Katolik menernukan keindahan dan kuasa doa, baik doa kolektif maupun doa pribadi, dengan tekanan khusus pada doa pujian, doa syafaat yang penuh iman dan ikut serta dalam perternuan doa mmgguan bersama- sama dengan saudara-saudara seiman. 

    • Mempromosikan evangelisasi dalam kuasa Roh Kudus (meliputi reevangelisasi atau penginjilan kembali orang- orang yang sudah dibaptis, penginjilan orang-orang non Kristiani dan penginjilan kebudayaan dan struktur-struktur sosial), dengan mewartakan Injil dalam kata dan perbuatan dan dengan memberikan kesaksian tentang Yesus Kristus melalui kesaksian pribadi dan karya-karya iman serta keadilan. Setiap orang Kristiani dipanggil kepada karya- karya iman dan keadilan ini, serta kesaksian pribadi. 

    • 5. Memupuk pertumbuhan yang terus menerus dalam kekudusan melalui pengintegrasian hal-hal yang penting dalam karismatik ini dengan kehidupan yang penuh dari Gereja, melalui partisipasi dalam kehidupan sakramental dan kehidupan liturgis, penghargaan terhadap tradisi doa dan spiritualitas Katolik, pendidikan yang terus menerus dalam doktrin Katolik, dan partisipasi dalam rencana pastoral Gereja lokal.


    (Disusun dan Anggaran Dasar ICCRS (International Catholic Charismatic Renewal Services atau Badan Pelayanan Intemasional Pembaruan Karismatik Katolik), Roma, disahkan oleh Vatikan tahun 1993 dan dan Pemyataan mengenai Panggilan dan Perutusan Pembaruan Karismatik Katolik di India, dikeluarkan oleh Konperensi Nasional para Pemimpin Karismatik India, Cochin 1994). 

    Bahwa tujuan-tujuan.ini sedang dicapai, diakui misalnya oleh Konperensi Uskup-Uskup Katolik Amerika Serikat dalam Pemyataan Pastoralnya mengenai Pembaruan Karismatik Katolik (1984). 
    Sejak kedua pernyataan kami yang terakhir, kami telah melihat Pembaruan Karismatik Katolik telah matang dalam pemahamannya mengenai inti dari Injil dan kenyataan-kenyataan itu yang secara utama termasuk dalam kodrat yang paling dalam dari Gereja.... Banyak orang telah mengalami pertobatan yang mendalam dan secara radikal berbalik arah kepada Allah..... Banyak orang telah menernukan arti dari Gereja, Ekaristi, peranan Bunda Maria dan ajaran kuno berpuasa. Banyak orang juga telah menernukan kebenaran bahwa salib itu pusat, yang tetap dihati para murid Yesus Kristus bahkan sesudah kemuliaan kebangkitan dan pencurahan Roh Kudus..... . 


    Sumber : Buku Pembaruan Karismatik Katolik 
    Buku Pegangan Untuk Para Pemimpin dan Peminat PKK


    Fr.Fio Mascarenhas, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/