• Kursus Evangelisasi Pribadi


    Ditulis pada tanggal : Thursday, 18 September 2014, 12:03 PM

    LATAR BELAKANG

    Buku Misi Evangelisasi yang menjadi buku panduan dari Kursus Evangelisasi Pribadi diper-kenalkan oleh Rm L.Sugiri van de Heuvel, SJ kepada Badan Pelayanan Pembaharuan Karismatik Katolik Keuskupan Agung Jakarta (BPK PKK KAJ), pada tahun 1986, setelah beliau sendiri mengikuti kursus serupa di Amerika.  Dalam kurun waktu 25 tahun, kursus ini berkembang bukan hanya di Jakarta saja, namun juga di kota-kota lainnya di Indonesia seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Jogja, Cirebon, maupun daerah di luar pulau Jawa, seperti Pontianak, Palembang, Medan, Makasar, Ruteng, Jayapura, Merauke, Balikpapan, dll.

    Penyelenggaraan KEP untuk daerah di luar pulau Jawa berlangsung di bawah koordinasi Badan Pelayanan Nasional Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPN PKKI), bekerjasama dengan Sekolah Evangelisasi Pribadi  Shekinah, yang bernaung di bawah BPK PKK KAJ atau pun dengan BPK PKK daerah lain yang juga mempunyai wadah pengajar-pengajar Misi Evangelisasi.

    TUJUAN KURSUS EVANGELISASI PRIBADI

    Kata ‘PRIBADI’ berarti mengajak umat untuk mulai lebih dahulu menerima dan menghayati Kabar-Baik di dalam dirinya sendiri.  Melalui relasi pribadi yang baru dengan Yesus Kristus maka seseorang akan mengalami perubahan visi , sikap dan perilaku dalam kehidupannya.

    Pada akhirnya seseorang yang telah menerima Kabar-Baik  akan juga mewartakan sukacita yang diperolehnya pada sesama secara perorangan atau pribadi ke pribadi melalui ‘sharing’ iman dan langkah-langkah yang diajarkan dalam kursus ini.  Setiap orang dipanggil untuk menjadi pembawa Kabar-Baik, bukan hanya melalui perkataan semata, namun melalui perubahan hidup secara nyata.

    KEP mengajak umat untuk secara aktif dapat ikut mengambil bagian dalam tugas dan panggilan Gereja dalam hal penginjilan, pengudusan dan pembaruan tata dunia.  Melalui KEP, umat diajak untuk dapat lebih menghayati kehidupan Kristiani yang otentik .

    APAKAH BUAH-BUAH DARI KEP ?

    Secara komunal, Gereja Lokal merasakan bahwa kerasulan awam semakin berperan. Umat yang dahulunya tidak terlibat secara aktif kini bergabung kembali dalam berbagai kegiatan Gereja, dan mereka yang telah aktif juga semakin menghayati  kehidupan panggilannya sebagai rasul awam.  Banyak alumni yang kemudian menjadi aktivis yang  membantu kegiatan di paroki asal mereka berada.

    Tujuan KEP bukanlah untuk menjadikan sese-orang menjadi pewarta mimbar atau guru agama. Secara pribadi banyak peserta yang mengalami pembaruan hidup melalui semangat penginjilan dan pengudusan, misalnya pemulihan dan rekonsiliasi dalam hubungan keluarga. Banyak yang menjadi suami dan istri yang lebih baik, menjadi anak yang  lebih baik, menjadi orang tua yang lebih baik, menjadi  pengusaha yang lebih baik, menjadi anggota Gereja yang lebih baik.

    MATERI APA SAJA YANG ADA DALAM KEP?

    Materi Misi Evangelisasi yang tercakup di dalam KEP yang diselenggarakan di daerah, ialah sbb :

    -       Bab 1 : Introduksi

    -       Bab 2 : Evangelisasi, pendalaman

    -       Bab 3 : Perkembangan iman

    -       Bab 4 : Kerajaan Allah

    -       Bab 5 : Berteman dengan sesama

    -       Bab 6 : Sharing iman

    -       Bab 7 : Kisah Kristus dan Penyajian Injil

    -       Bab 8 : Ajakan pada pertobatan

    -       Bab 9 : Integrasi ke dalam komunitas

    -       Bab 10: Orientasi Pewartaan Kunjungan

    -       Evangelii Nuntiandi (tergantung jadwal)

    Pengajaran KEP dilaksanakan oleh pengajar-pengajar awam yang telah dinyatakan lulus dalam “Trainer’s Course” Misi Evangelisasi . Pengajaran oleh kaum awam sesuai dengan tujuan Kep yaitu pemberdayaan kaum awam Katolik, dan sesuai dengan metode pengajaran yang menitikberatkan pertama-tama pada ‘sharing’ pengalaman iman daripada sekedar suatu transfer pengetahuan teologis .

    Sebagai penutup dari rangkain KEP, diadakan Rekoleksi/ atau Retret Pengutusan yang dilaksanakan setelah kurun waktu 3/4 minggu dari saat  selesai-nya pelaksanaan KEP.

    Jadwal pelaksanaan KEP di daerah, diatur sesuai dengan kondisi setempat. Umumnya KEP dilakukan dalam 2x akhir Minggu (Jumat-Sabtu) , atau  dalam waktu lima (5) hari secara penuh.

    SIAPA YANG BISA MENGIKUTI KEP ?

    Pada prinsipnya semua umat bisa mengikuti KEP, namun dengan syarat telah menerima Sakramen Permandian Katolik.  KEP memang secara khusus diperuntukkan hanya bagi umat Katolik. Mengapa demikian?  Karena KEP bukanlah pengganti Katekumen, dan tujuan KEP ialah mengantar umat Katolik yang telah menerima Sakramen Baptis untuk bertumbuh dalam iman dan agar umat bisa  semakin menghayati Rahmat Pembaptisannya.

     

    BAGAIMANA CARA MENGIKUTI KEP?

    Informasi mengenai  KEP dapat ditanyakan secara langsung pada perwakilan dari Badan Pelayanan Keuskupan Pembaruan Karismatik (BPK PKK) setempat

     

     

     

     

     

     

    Badan Pelayanan Nasional Pembaruan  Karismatik Katolik Indonesia (BPN PKKI)                          
    Sekretariat: Gedung Shekinah, Kompleks Duta Merlin B 41-43 
    Jl. Gajahmada 3-5, Jakarta                                                            
    Telpon 021-6342151, Fax 021-6321562                              
    email: sekretariat_bpnpkki@yahoo.com

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/