• Renungan Harian - Rabu, 18 Januari 2017

    Rabu, 18 Januari 2017

    Ibrani 7:1-3, 15-17

    Mazmur 110:1-4

    Markus 3:1-6

    "YESUS KRISTUS SANG IMAM"

    "Dan hal itu jauh lebih nyata lagi, jikalau kamu ditetapkan seorang imam lain menurut cara Melkisedek."

    (Ibrani 7:15)

    DARI sejarah Uman Israel Sebelum kedatangahn Yesus, terkisahkan mereka perang, mati kelaparan, dibuang ke Babilon dan diperas. Dalam penderitaan itu, mereka berdoa dan memohon kepada Yahwe agar Yahwe berkenanmembebaskana mereka. Dan umat menerima pewahyuan bahwa mereka akan terbebaskan lewat imamat.

    Dan umat Kristiani, di zaman Gereja Perdana, telah mengalami masa pahit. Kitab Ibrani ditulis kepada umat Kristiani yang dikejar-kejar dan dibunuh menjadi martir oleh penguasa Romawi waktu itu. Mereka "Ada pula yang diejek dan didera, bahkan yang dibelenggu dan dipenjarakan. Mereka dilempari, di gergaji, dibunuh dengan pedang; mereka mengembara dengan berpakaian kulit domba dan kulit kambing sambil menderita kekurangan, kesesakan dan siksaan" (Ibr 11:36-37). Mereka mendapatkan pewahyuan bahwa pribadi Yesus Kristus, itu adalah "Imam Besar menurut peraturan Melkisedek" (Ibr 5:10), yang menyelamatkan dan membebaskan mereka dengan korban di Kalvari. Korban itu dihadirkan kembali dalam Ekaristi Kudus. Dengan menghayati Ekaristi, kehadiran korban Yesus di Kalvari yang sempurna, umat Kristiani dibebaskan oleh Yesus, sang Imam Besar.

    Maka mari kita ikut ambil bagian dalam imamat Yesus, imamat umum yang kita peroleh berkat Baptis. Mari kita hayati imamat dari berkat Baptisan ini (1 Ptr 2:9; Why 5:10). Bagaimana caranya? Dengan:

    1. Menghadiri Misa sesering mungkin di luar hari Minggu;

    2. Mendorong pelayanan pastoral imamat untuk umat dan ikut mendukung promosi panggilan imamat;

    3. Mempersembahkan dan dengan sabar menanggung 'beban-beban hidup' "Menyembah (Allah) di manapun saja dengan "perbuatan suci";

    4. Mempersembahkan sebagai korban rohani, "semua karya, doa-doa dan usaha kerasulan, hidup mereka selaku suami-istri dan dalam keluarga, jerih payah mereka sehari-hari, istirahat bagi jiwa dan badan mereka" dan

    5. "Membangkitkan dunia kepada Allah" (KGK, 901)

    Cintailah Yesus, sang Imam Besar. Hayati Ekaristi, Persembahan-Nya yang sempurna. Mari ikut ambil bagian dalam imamat Yesus, dan hayati juga janji-janji Baptis kita.

    Doa: Bapa, ajarilah kami untuk ikut ambil bagian dalam imamat Kristus.

    Janji: "Maka sembuhlah tangan itu" (Markus 3:5).

    Pujian: Onna berhasil mengajak teman-teman latihan Koor untuk sering mungkin menghadiri Misa.

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/