• Renungan Harian - Senin, 23 Januari 2017

    Senin, 23 Januari 2017                                            

    Ibrani 9:15, 24-28

    Mazmur 98:1–6

    Markus 3:22-30

     IA  MAHARAHIM – IA AMPUNI DOSA KITA!

     

    “Sebab jika demkian, Ia harus berulang-ulang  menderita sejak dunia dijadikan. Tetapi sekarang, Ia hanya satu kali saja menyatakan diri-Nya,. Pada akhir zaman untuk menghapus dosa  oleh korban-Nya.”--- Ibrani 9:26

     

    YESUS TELAH “mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama” (Ibr 9:15). Dan “demikianlah Kristus hanya satu kali saya mengorbankan Diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang” (Ibr 9:28). Kepada murid tersayang, Timotius, Paulus menulis “Perkataanku ini benar dan patut diterima sepenuhnya ‘Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang” (1 Tim 1:15). Hakikat atau tujuan utama perutusan Yesus datang ke dunia ini ialah menebus dosa-dosa kita.

    Mungkin saja zaman ini dirasa aneh atau tak zamani lagi, kalau kita berbicara tentang dosa. Kita-kita ini, yang menyebut diri kita kaum ber-iman, tidaklah enak  menyatakan adanya dosa pada orang-orang dan orang-orang agar tetap sadar akan dosa itu. Ini terasa menghakimi sesama kita. Maka sekarang tidak banyak ngomong tentang dosa. Tetapi bila kita berbicara tentang dosa, kita semua membungkusnya atau menyembunyikan rencana kasih Allah akan penebusan itu. Dan sikap semacam ini akan sampai pada kesimpulan ‘kita tidak membutuhkan Yesus’, kita lupakan saja wafat-Nya dan darah-Nya yang habis terkucur dari Tubuh-Nya.

    Sikap kita harus tetap sama. Kalau itu dosa - kita katakan ‘dosa’. Tak perlu kita perhalus dengan istilah kesalahan dan kelemahan serta kekurangan. Meski hal-hal ini juga benar ada. Mari kita benci dosa. Tetapi kita tetap mengasihi orang-orang berdosa. Kita perlu ingat, ‘merasakan perjalanan rasa bersalah sebentar’ yang menuntun ke pertobatan, jauh lebih baik daripada perjalanan menuju neraka, terhukum selamanya!

    Tak perlu kita malu berbincang tentang dosa, pertobatan, penyambutan Sakramen Tobat atau Pengampunan, khususnya bicara tentang pengampunan penuh kasih dari Yesus.

    Doa: Bapa “basuhlah kami dari kesalahan ksmi dari dosa-dosaku bersihkan aku!” --- Mazmur 51:4

    Janji:Nyanyikanlah lagu baru baru Allah, karena segala perbuatan-Nya yang ajaib!” --- Mazmur 98:1

    Pujian: Di Tahun Kerahiman Ilahi, banyak pastor berkotbah tentang  belas kasih dan kerahiman Allah itu jauh lebih besar dari pada dosa dan kesalahan-kesalahan kita. Dan hasilnya, banyak orang yang menyerahkan diri kepada kerahiman-Nya setelah bertahun-tahun menjauhkan diri mereka dari Sakramen Pengampunan.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/