• Renungan Harian - Kamis, 26 Januari 2017

    Kamis, 26 Januari 2017

    St. Timotius & Titus                          

    Ibrani 10:19-25

    Mazmur 24:1-6

    Markus 4:21-25

    KITA SEMUA BERSAUDARA DALAM YESUS 

    “Aku ingin melihat engkau kembali supaya penuhlah kesukaanku.” --- 2 Timotius 1:4

    TIMOTIUS DAN TITUSmurid tersayang Paulus. Mereka menemaninya dalam perjalanan penginjilan. Berdua itu bagi Paulus adalah saudara dalam Tuhan. Dalam Tuhan, kita bersaudara, karena kita satu keluarga dalam Tuhan. “’Ku Cinta K’luarga Tuhan”! ungkap salah satu nyanyian yang sering mengganti lagu dalam Salam Damai!

    Paulus selalu, siang malam mendoakan keduanya (2 Tim 1:3) Sewaktu Paulus merasa tertekan dan susah, kedatangan Titus menguatkan Paulus (2 Kor 7:5-8). Nampaknya Paulus tergantung pada Titus, sampai-sampai Paulus tidak berkotbah di Troas karena ia tidak menemukam Titus di kota itu (2 Kor 2:12-13).

    Paulus, Timotius dan Titus , mereka bertiga saling mengasihi saling mendoakan satu sama lain. Mereka juga sangat mengasihi umat kistiani sampai mereka menyerahkan demi dan untuk Yesus  (1 Yoh 3:16). Injil memberi petunjuk kepada kita persaudaraan kita berkat Baptisan itu adalah suatu relasi yang akrab dan mendalam. Memang tak perlu semendalam relasi hubungan suami-istri, tetapi relasi dan persaudaraan umat kristiani tidaklah kurang dalamnya daripada relasi keluarga hubungan darah.

    Persaudaraan kita dalam Kristus bukanlah relasi hubungan darah atau jasmani. Relasi persaudaraan kristiani sangatlah bercirikan kemurnian (1 Tim 5:2) Itulah relasi antar kita berkat rahmat Baptisan ke dalam Kristus. Kita semua dapat bersatu karena relasi sebagai bersaudara-bersaudari, sebagaimana Yesus bersatu erat dengan Bapa-Nya. Dan Yesus berdoa untuk persatuan dan persaudaraan ini (Yoh 17:21). Kita semua ini yang sama-sama bersaudara dalam Kristus. saling ikut ambil bagian dalam kesatuan Tritunggal. 

    Doa: Bapa, berilah diriku kasih Ilahi untuk saudara-saudara kami seiman.

    Janji: “Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.” --- 2 Timotius 1:7

    Pujian: Meski dilanda dakwaan palsu dan mengalami keragu-raguan, Timotius tetap bertahan dalam pelayanan. Tuhan menggunakan surat Paulus kepada Timotius ini guna mengubah hidup  orang tak terbilang jumlahnya.

    Penanggung Jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/