• Renungan Harian - Senin, 30 Januari 2017

    Senin, 30 Januari 2017

    Ibrani 11:32-40

    Mazmur 31:20-24

    Markus 5:1-20 

    YESUS  HADIR  LEWAT  KEHADIRAN  KITA 

    “Yesus mengabulkan permintaan mereka, lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu” --- Markus 5:13

    PERISTIWA DI DAERAH terasa sangat menarik: orang memilih hidup bersama babi daripada bersama Yesus. Awalnya kisah adanya seorang yang kerasukan roh jahat. Yesus dan para murid lewat di daerah itu. Biasanya orang hidup tinggal di perumahan tetapi orang ini hidup di kuburan.

    Setelah Yesus mengusir roh-roh jahat dari orang yang kerasukan itu dan roh-roh masuk ke dalam babi-babi, orang di Gerasa menolak Yesus supaya meninggalkan daerah mereka (Mrk 5:17). Nampaknya mereka memilih hidup bersama roh-roh jahat daripada hidup bersama dan dengan Tuhan.

    Yesus meninggalkan daerah itu sebagaimana diminta oleh orang-orang di situ. Sebaliknya sewaktu orang yang dulunya kerasukan itu disembuhkan oleh Yesus, meminta untuk menyertai –Nya, Yesus menolaknya. Mengapa? Yesus meyakinkan orang itu bahwa kuat kuasa-Nya dan kasih-Nya begitu tetap ada dan tinggal di daerah itu lewat hidup baru yang telah dialami orang yang tadinya kerasukan roh jahat dan sudah disembuhkan (Mrk 5:19).

    Memang ada beberapa tempat, perkantoran, tempat berbisinis, kota-kota, malahan gereja-gereja,  yang mengusir Yesus ke luar dari tempat itu. Dan Yesus meninggalkan kita. Kita hidup dan bekerja di tempat-tempat, kota-kota dan keluarga-keluarga itu. Di perkantoran dan di tempat bisnis. Yesus tetap hadir di tempat itu lewat kehadiran kita, karena kita adalah anggota dari Tubuh-Nya. Kita diutus untuk menghadirkan Dia di tempat tiadanya nilai-nilai kristiani. Kita tak perlu takut memasuki ‘market places’ tempat-tempat yang sudah ‘sekuler’ dan membawa Allah dalam diri kita. Yesus senantiasa menyertai kita.

    Setan hadir lewat kehadiran segerombolan babi-babi, dan semoga Tuhan berkenan hadir lewat kehadiran dan keberadaan kita di situ!

    Doa: Bapa, jadikanlah kami-kami suatu ‘tabenakel’ yang berjalan di dunia ini.

    Janji: “Ibu-ibu telah menerima kembali orang-orangnya yang telah mati, sebab dibangkitkan” --- Ibrani 11:35

    Pujian: Pernah terlintas dalam benak Ibu Liz untuk aborsi, karena ia kena PHK dan baru mengandung anak ketiga. Ia merasa tak akan mampu menanggung beban hidup di kemudian hari. Teman-temannya mengatakan “Jangan!”. Dan dia menurutinya. Ternyata setelah lahir, anak ketiganya ini, menurut pengakuannya, justru yang menjadi berkat bagi dia dan keluarganya.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/