• Renungan Harian - Sabtu, 11 Februari 2017

    Sabtu, 11 Februari 2017

    Hari Orang Sakit Sedunia

    SP. Maria di Lourdes

    Kejadian 3:9-24

    Mazmur 90:2-6

    Markus 8:1-10

    HARI ORANG SAKIT SEDUNIA

     “Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini.” --- Markus 8:2

    UMUMNYA GEREJA hadir lewat kehadiran dalam pendidikan dan pelayanan kesehatan. Itulah sebabnya, Gereja tumbuh dan berkembang. Di mana-mana ada sekolah dan rumah sakit Katolik. Dan di saat ini, sudah dua puluhan tahun, Gereja menetapkan tanggal 11 Februari sebagai “Hari Orang Sakit Sedunia”.

    Dalam Katekismus Gereja Katolik (1499-1532) mengulas panjang lebar tentang “Urapan Orang Sakit.” Dasarnya ialah Yesus adalah Tabib, sang Penyembuh. Dia memerin- tahkan kepada para murid “Sembuhkanlah orang sakit ...!” Penyakit menjadi jalan menuju pertobatan, dan karena pengampunan dari Allah, terjadilah penyembuhan.

    Di Hari Orang Sakit Sedunia, umumnya di Rumah-rumah Sakit Katolik diselenggarakan Misa Penyembuhan. Orang-orang yang sakit dibawa keluar dari ruang ke Kapel atau Aula untuk bersama merayakan Misa penyembuhan. Bersama itu pula, diadakan pelayanan  “Sakramen pengurapan Orang Sakit. Malahan dianjurkan sejauh dibutuhkan juga pelayanan Sakramen Tobat, sebelum Misa.

    Juga di paroki-paroki dianjurkan diselenggarakan Misa untuk Orang Sakit dari Paroki yang bersangkutan. Umat diminta kerelaannya untuk menjemput dan membawa warga Paroki yang sakit ke Misa Penyembuhan. Sering juga disertai pelayanan kesehatan bagi orang-orang di seputar Gereja, untuk memeriksakan kesehatan dan berobat gratis. Beberapa Komunitas memiliki kesempatan untuk mengadakan kunjungan ke keluarga Katolik, khususnya warga yang lansia, yang sakit.

    Pernahkah kita ikut berpartisipasi dalam pelayanan Hari Orang Sakit Sedunia?

    Bila anda salah seorang tenaga medis, bersediakah menjadi relawan dengan pelayanan gratis bagi umat se Paroki yang membutuhkan pertolongan? Syukur kalau di Paroki ada Poliklnik meski hanya hari Minggu buka. Bagaimana kepedulian kita kepada keluarga kita yang lansia di Paroki?

    Doa: Ya Yesus, buatlah hatiku mudah tergerak oleh mereka-mereka yang sakit, dan membantunya.

    Janji: “Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini” --- Markus 8:2

    Pujian: Di beberapa Paroki di KAJ, para ‘pro-diakon’ mendata umat di paroki yang karena usia atau sakit, tidak bisa menghadiri Misa di Hari Minggu. Para pro-diakon bergiliran mengunjungi mereka dan membawa Sakramen Mahakudus bagi mereka.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/