• Renungan Harian - Senin, 20 Februari 2017

    Senin, 20 Februari 2017

    Sirakh 1:1-10

    Mazmur 93:1-2,5

    Markus 9:14-29

    MENDOAKAN ORANG SAKIT

    "Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa." --- Markus 9:29

    GEJALA yang diperlihatkan oleh orang yang kerasukan roh yang membisukan anak yang menderita, adalah dalam bahasa kita sakit “ayan”.  Tandanya :

    • “setiap kali roh itu menyerang dia, roh itu membantingkannya ke tanah; lalu mulutnya berbusa, giginya bekertakan dan tubuhnya menjadi kejang” (Mrk 9:18)

    • “anak itu segera digoncang-goncangnya, dan anak itu terpelanting ke tanah dan terguling-guling, sedang mulutnya berbusa” (Mat 9:20).

    Yang sakit dibawa kepada para murid-Nya, tetapi mereka tidak bisa mengusirnya. Anak itu lalu dibawa kepada Yesus. Dan Yesus menyembuhkannya. "Hai kau roh yang menyebabkan orang menjadi bisu dan tuli, Aku memerintahkan engkau, keluarlah dari pada anak ini dan jangan memasukinya lagi!" (Mrk 9:25). Yesus-lah yang mampu. Dia sungguh luar biasa.

    Bila ada yang sakit berat, apakah kita mempunyai kepedulian mendoakannya agar sembuh? Mampukah kita berdoa dan menyembuhkannya, atau tidak bisa seperti para rasul? Sewaktu murid-murid-Nya sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: "Mengapa kami tidak dapat mengusir roh itu?" Yesus menjawab "Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa" (Mrk 9:28-29). Matius menambahi “Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa” (Mat 17:21).

    Bersediakah kita ikut ke dalam tim-doa ‘mendoakan orang sakit?’ Bila ya, perhatikan petunjuk Yesus:

    • Kita perlu beriman. “Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada gunung ini : ‘Pindah ..., maka gunung ini akan pindah, dan tak ada yang mustahil bagimu” (Mat 17:20).

    • Kita perlu berdoa dan berpuasa.

    Kalau itu sudah kita lakukan, mohon Yesus memberdayakan kita, mengurapi kita dengan ‘karunia penyembuhan’ (1 Kor 12:9).  Kita membiarkan Yesus hadir dan berkarya dalam diri kita.

    Doa: Ya Yesus, berkati dan urapi kami agar kami selalu bersedia berpuasa, dan berdoa bagi mereka-mereka yang sakit.

    Janji: Katamu: Jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya" --- Markus 9:23

    Pujian: Di Jakarta ada Komunitas “Fons Vitae” (Sumber Hidup), yang panggilan dan perutusannya untuk mendoakan orang sakit yang datang mohon didoakan. Banyak yang tertolong.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/