• Renungan Harian - Rabu, 22 Februari 2017

    Rabu, 22 Februari 2017

    Pesta Takhta S. Petrus, Ras

    1 Petrus 5:1-4

    Mazmur 23:1-6

    Matius 16:13-19

    SURAT PENGGEMBALAAN

    “Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.” --- Matius 16:18

    HARI INI kita rayakan pesta “Tahta Santo Petrus”. Petrus-lah yang dipilih Yesus dan ditunjuk untuk menjadi ‘pemimpin para rasul’. Petrus adalah ‘Paus pertama’ dalam Gereja. Dan tugas Gereja adalah “Mewartakan’, ‘Menguduskan’ dan ‘Melayani’. Melayani Umat Allah umumnya disebut ‘Reksa Pastoral’. Dalam hal ‘Reksa Pastoral’ ini, Paulus memberi wejangan kepada para penatua yang melayani Umat, pertama dan utama sebagai saksi penderitaan Kristus. Dalam penggembalaan ‘kawanan domba Allah’, perlu tiga karakter yang ada dalam diri para penatua” yakni,  melayani dengan sukarela, bukan terpaksa, dengan pengabdian, bukan mencari keuntungan dan ketiga memberi teladan, bukan memberi perintah.

    Dalam kesempatan ini tepat kalau kita diingatkan  orang yang dipanggil menjadi gembala umat memiliki ketiga karakter tersebut di atas. Kita bisa saja menjadi ‘Ketua Wilayah atau Lingkungan’, atau menjadi Ketua Seksi ini atau itu’ dalam Paroki. Petunjuk Santo Paulus tentang sifat ‘gembala’ juga diterapkan juga bagi kita-kita. Apakah kita melayani dengan sukarela? Apakah kita memberi keteladanan kepada umat?  Apakah pengabdian kita tulus?

    Memang kalau kita bicara tentang Gembala Umat, pikiran kita tertuju kepada Paus, Uskup dan para Imam, di Paroki. Tetapi karena Baptisan kita, kita ikut menerima imamat umum. Di situlah kita dipanggil juga untuk terlibat dalam ‘reksa pastoral’ di tempat kita masing-masing.

    Tahta Santo Petrus dalam hal ini  menggaris bawahi peran Gembala Gereja, yakni sebagi Pelayan bukan pengejar jabatan dan kehormatan dan keuntungan materi.

    Doa: Ya Yesus, Gembalaku, ajarilah aku memiliki hati sebagai seorang ‘gembala’.

    Janji: “Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga" --- (Mat 16:19)

    Pujian: Di Gereja Santo Petrus, Vatikan, ada kursi -- sebagai lambang Tahta Santo Petrus. Dan di tiap Gereja Katedral, tentu juga ada ‘Kursi’ khusus untuk Uskup setempat. Para Uskup adalah pengganti para rasul.

    Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Copyright © 2007-2017 Badan Pelayanan Nasional, Pembaruan Karismatik Katolik Indonesia (BPK PKK).
versi archive 2007 link : www.karismatikkatolik.org/archived/